Manfaat Kurma saat Puasa: Sunnah dan Kesehatan

Manfaat kurma saat puasa

Manfaat Kurma saat Puasa: Sunnah dan Kesehatan – Siapa yang tidak suka kurma? Saya! Tekstur kurma yang lembek dan rasanya yang terlalu manis membuat saya sulit menyukai kurma. Tapi itu beberapa tahun yang lalu.

Pada suatu hari saya berkesempatan mencoba makan kurma jenis Tunisia dan ternyata enak! Teksturnya tidak terlalu lembek, manisnya juga pas. Sejak saat itu saya menyukai kurma dan bahkan bisa menerima jenis kurma lainnya yang dulunya tidak saya sukai.

Tidak Suka Kurma? Cobain Jenis Kurma ini Deh!

Jenis kurma banyak sekali dan saya masih belum banyak mencoba jenis-jenis kurma. Namun demikian, ada beberapa jenis kurma yang saya sukai. Untuk kamu yang tidak suka kurma, mungkin bisa mencoba jenis kurma ini:

Kurma Tunisia

Kurma Tunisia tidak terlalu lembek dan tidak terlalu manis. Teksturnya juga legit dan rasanya enak. Beberapa teman yang tadinya tidak suka kurma, setelah makan kurma jenis Tunisia ini menjadi suka kurma.

Kurma Khalas

Ini jenis kurma yang belakangan sering saya konsumsi. Teksturnya agak lembek dengan kulit agak keriput. Rasa manisnya pas tidak giung. Harga kurma khalas relatif lebih murah. Harganya dibandrol sekitar 50 ribu hingga 60 ribu per kilo.

Kurma Medjool

Kurma Medjool bentuknya agak besar, tidak terlalu lembek, daging buahnya tebal, bijinya kecil dan tidak terlalu manis. Legit daging buahnya membuat medjool sangat enak dimakan. Harganya per kilo sekitar 100 ribu sampai 120 ribu.

Kurma Ajwa

Kurma Ajwa biasa disebut juga kurma nabi karena Nabi Muhammad SAW paling sering mengonsumsi kurma jenis ajwa. Bentuknya agak bulat dengan kulitnya berwarna hitam dan keriput. Teksturnya legit dan manisnya pas! Kurma ajwa termasuk kurma jenis premium. Rasanya juga terkenal enak. Buat kamu yang tidak suka kurma, bisa cobain kurma ajwa deh! Harganya per kilo berkisar antara 100 ribu hingga 150 ribu.

Kurma dan Sunnah Nabi

Sunnah nabi adalah segala sesuatu yang bersumber dari Nabi berupa ucapan, perilaku, penetapan, sifat tubuh, serta akhlak. Pada Nabi Muhammad ada suri tauladan untuk diikuti. Termasuk juga termasuk juga terkait puasa. Lalu apa hubungaannya sunnah nabi dengan kurma dan puasa?

kurma saat untuk sahur dan berbuka

Makanan Terbaik untuk Sahur

Dari Abu Hurairah,

نِعْمَ سَحُورُ الْمُؤْمِنِ التَّمْرُ

Sebaik-baiknya sahur orang mukmin adalah kurma

HR. Abu Dawud N0 2345

Dalam hadits di atas, yang dimaksunya dengan tamr adalah kurma kering. Kurma yang ada di Indonesia biasanya adalah jenis kurma kering dengan warna agak hitam. Kurma ruthob atau kurma basah biasanya berwarna kuning atau kecoklatan.

Dalam kitab Mirqah Al-Mafatih dijelaskan bahwa waktu sahur adalah waktu di mana ada keberkahan. Dan kurma sendiri adalah keberkahan. Sehingga, jika sahur dengan kurma berarti ada bertumpuk keberkahan.

Berbuka dengan Kurma

Jika sahur lebih baik dengan kurma, bagaimana dengan berbuka puasa? Salman bin Amir Adh Dhobbi mengatakan, Nabi bersabda:

“Jika salah seorang dari kalian berbuka, maka berbukalah dengan tamr (kurma kering). Jika tidak didapati tamr, maka berbukalah dengan air karena air itu mensucikan.” (HR Ibnu Majah, Abu Dawud, An Nasai, Tirmizi).

Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin mengatakan bahwa berbuka dengan kurma tidaklah wajib, namun berbuka dengan kurma itu lebih sempurna dan lebih utama.

Selain berbuka dengan kurma yang dimakan secara langsung, saya merekomendasikan susu kurma yang lezat sebagai menu buka puasa praktis. Singkirkan gorengan dan aneka street food, ayo beralih pada yang menyehatkan!

Manfaat Kurma saat Puasa

Manfaat kurma saat puasa selain karena sunnah Nabi (Nabi mencontohkan), ada manfaat lain dari sisi kesehatan. Ada segudang manfaat kurma bagi kesehatan. Dilansir dari klikdokter.com:

  1. Melancarkan pencernaan
  2. Mencukupi kebutuhan kalori dan gizi pada tubuh
  3. Menstabilkan gula darah
  4. Melancarkan persalinan normal
  5. Mencegah penyakit kronis karena tingginya antioksidan.
  6. Melindungi tubuh dari peradangan karena kandungan polifenol yang tinggi
  7. Mengganti elektrolit tubuh yang hilang
  8. Mencegah anemia karena mengandung zat besi
  9. Meningkatkan kesuburan pada pria maupun wanita
  10. Menjadi menu tambahan dalam diet

Giatkan Sunnah Nabi di Bulan Ramadan

Manfaat kurma saat puasa adalah selain mereguk manfaat kesehatan dari kurma, kita bisa menjalankan sunnah nabi dengan sahur dan berbuka dengan mengonsumsi kurma. Semoga ibadah puasa kita semakin fokus dengan menggiatkan sunnah Nabi di bulan Ramadan.

Referensi

konsultasisyariah.com

rumaysho.com

klikdokter.com

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.