6 Tips Memilih Sofa Set Minimalis

6 Tips Memilih Sofa Minimalis

6 Tips Memilih Sofa Set Minimalis – Lebaran masih sekitar 20 hari lagi, kamu ada rencana apa nih untuk persiapan silaturahim lebaran? Beres-beres rumah biasanya menjadi salah satu agenda dalam rangka mempersiapkan lebaran. Kalau kamu berencana mengganti sofa lama dengan sofa yang baru, kamu bisa mempertimbangkan kehadiran sofa set minimalis di rumahmu.

5 Alasan Memilih Sofa Set Minimalis

Ada banyak jenis sofa yang tersaji di toko furniture, tapi kenapa pilih sofa set minimalis? Setidaknya ada beberapa alasan kenapa sebaiknya kamu mempertimbangkan sofa set minimalis sebagai pelengkap furniture rumah kamu.

Fleksibel

Karena desainnya yang minimalis, sofa bisa kamu padankan dengan furnitur lainnya yang ada di rumah. Jadi, kamu tidak perlu khawatir sofa yang sudah dibeli ternyata tidak cocok dengan furniture yang sudah ada terlebih dulu di rumah. Peletakkannya pun fleksibel, bisa ditempatkan di sudut ruangan, di tengah ruangan, maupun di pinggir ruangan.

Fungsional

Sofa dengan desain minimalis biasanya akan mengutamakan fungsi sofa itu sendiri sebagai tempat duduk yang ergonomis. Apa itu ergonomis? Sederhananya, ergonomis adalah prinsip yang mengutamakan tubuh manusia dan kegiatan yang dilakukan tubuh manusia. Sofa set yang ergonomis akan mementingkan kenyamanan tubuh manusia yang menggunakannya sehingga terasa nyaman saat digunakan. Bisa juga loh meredakan tubuh yang pegal-pegal karena letih berkegiatan seharian. Asyik kan?!

Mudah Dipindahkan

Salah satu keunggulan sofa minimalis adalah detailnya yang minim sehingga berat keseluruhan sofa menjadi lebih ringan dibandingkan denan sofa non minimalis. Jika suatu saat ada keperluan memindahkan sofa (misalnya ada acara keluarga yang memerlukan ruangan lebih luas), maka sofa lebih mudah untuk diangkat dan dipindahkan. No repot repot, shay!

Harga Reasonable

Beberapa waktu lalu, saya survey sofa minimalis di toko online dan market place karena ada kebutuhan untuk membeli sofa. Ternyata produk sofa minimalis hari ini banyak sekali desainnya loh, harganya pun reasonable. Dibuat dengan bahan yang berkualitas tidak membuat harga sofa minimalis menjadi lebih mahal.

Tak Lekang Waktu

Dengan mempertimbangkan semakin sempitnya lahan rumah saat ini jika dibandingkan rumah pada zaman bapak-ibu kita, saya percaya furniture minimalis akan tetap disukai hingga beberapa tahun mendatang, atau bahkan tak lekang waktu. Jadi, apa kamu sudah mempertimbangkan membeli sofa set minimalis?

6 Tips Memilih Sofa Set Minimalis

Sebelum membeli sofa set minimalis, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan. Tempo hari, saya dan suami baru saja membeli sofa dan saya rangkum pengalaman kami dalam bentuk tips. Tips memilih sofa set minimalis di bawah ini sudah kami lakukan dan kami cukup puas dengan sofa yang sudah dibeli saat ini. Semoga tips ini juga berguna juga buat kamu ya!

Ukuran Sofa vs Luas Ruangan

Luas ruangan betul-betul harus dipertimbangkan karena luas ruangan relatif sulit diubah. Ukuran sofa sebaiknya proporsional dengan luas ruangan yang ada. Sebelum memilih sofa, saya dan suami mempertimbangkan di ruangan mana dan di lokasi mana sofa akan diletakkan. Kami mengukur lokasi persisnya tersebut sebagai batasan agar sofa yang dibeli tidak terlalu besar dan tetap memenuhi kebutuhan kami si pengguna sofa.

Pilih Bahan Sofa yang Sesuai

Tips memilih sofa set minimalis lainnya adalah perihal bahan sofa. Bahan sofa merupakan salah satu pertimbangan yang penting bagi kami saat memilih sofa. Saya memiliki 2 anak lelaki usia 5 tahun dan 2,5 tahun yang cukup aktif. Saya membayangkan kegiatan yang akan dilakukan kedua anak tersebut pada sofa: mencoret-coret, menumpahkan air, meper tangan yang kotor sehabis makan es krim, dan banyak kemungkinan lainnya yang meresahkan. Karenanya, saya memilih sofa dengan bahan yang mudah dibersihkan.

Saya juga mempertimbangkan bahan yang cukup awet jika tertempa matahari setiap hari karena ruangan tempat sofa memiliki bukaan untuk sinar matahari leluasa masuk.

Cara Pemeliharaan Sofa

Cara pemeliharaan sofa termasuk salah satu hal yang saya pertimbangkan sebelum membeli sofa. Sofa yang memerlukan perawatan khusus cenderung saya hindari. Sofa yang akhirnya kami miliki hanya perlu dibersihkan dengan cara divakum. Jika terkena tumpahan air, bahan sofa membutuhkan waktu agak lama untuk menyerap air sehingga bisa dilap dengan segera sebelum air benar-benar meresap.

Fungsi Sofa Tambahan

Dengan banyaknya ragam model sofa, kamu bisa dengan leluasa memilih sofa set yang sesuai dengan kebutuhanmu. Banyak desain sofa minimalis yang menambahkan fungsi lainnya selain tempat untuk duduk. Ada juga yang menambahkan fungsi tempat penyimpanan untuk menjaga kerapian rumah. Sofa dengan tambahan fungsi seperti ini cukup banyak peminatnya loh!

Salah satu tips memilih sofa set minimalis dengan tambahan fungsi
Sumber gambar: ajeg.co.id

Cocokkan dengan Tema Ruangan

Salah satu tips memilih sofa set minimalis adalah dengan mempertimbangkan tema ruangan. Walaupun cenderung fleksibel, sofa akan terlihat lebih enak dipandang jika sesuai dengan tema ruangan yang sudah ada. Misalnya, warna sofa bisa disesuaikan dengan tone ruangan tempat ia akan diletakkan.

Perhatikan Anggaran

Anggaran menjadi batasan yang penting dalam rencana kami membeli sofa. Seideal apapun rencana kami, seringnya keterbatasan anggaran membuat kami harus kompromi dengan pertimbangan-pertimbangan yang lain. Tidak ada anggaran bukan berarti tidak cukup kemampuan membeli. Bisa jadi kamu mampu membeli tapi uang yang ada sudah dibagi-bagi pada pos-pos yang ada. Saat anggaran membatasi, saya menyarankan 3 hal:

  1. Tetap membeli sofa sesuai anggaran walaupun tidak sesuai dengan yang diinginkan, atau
  2. Membeli sofa di luar anggaran dengan mengorbankan anggaran pada pos lain, atau
  3. Menunda membeli sofa dan lanjut menabung agar sofa impian bisa benar-benar dimiliki.

Saya dan suami mempunyai prinsip agar sebisa mungkin tidak berhutang dalam membeli barang, termasuk perkara membeli sofa. Ada suatu saat kami menyukai sebuah sofa set minimalis, tetapi harganya melebihi anggaran kami. Yang kami putuskan saat itu adalah menunda membeli sofa dan akhirnya dipertemukan dengan sofa lain yang sesuai kebutuhan dan harga sesuai anggaran.

Sofa Murah Yogyakarta

Buat kamu yang tinggal di Yogyakarta, boleh mampir ke toko Ajeg Mebel yang menjual sofa set minimalis kualitas apik dan harga terjangkau. Model-model sofa yang ditawarkan berkesan modern dan cantik. Contohnya Sofa Sudut Chio ini:

Tips Memilih Sofa Set Minimalis yang Fleksibel
Sumber gambar: ajeg.co.id

Selain cantik, Sofa Sudut Chio dibuat dengan bahan berkualitas dan mengutamakan kenyamanan si pemakai. Bench pada Sofa Sudut Chio ini bisa dipindahkan sehingga fleksibel dalam penempatannya. Ditambah lagi ada remote tv organizer di samping dudukan, makin betah bersantai deh.

Tidak hanya Sofa Sudut Chio, produk Ajeg Mebel yang lain juga gemes-gemes. Buat kamu penduduk Jabodetabek, jangan sedih. Ajeg Mebel sering bikin promo gratis ongkir se-Jawa. Pantengin media sosialnya aja untuk dapat info terbaru.

Bagaimana tips memilih sofa set minimalis di atas? Apa kamu sudah memilih sofa set yang sesuai dengan kebutuhanmu? Kalau kamu punya tips lainnya dalam memilih sofa set minimalis, boleh ya komen di bawah. Terima kasih!

Diterbitkan
Dikategorikan dalam Rehat

7 komentar

  1. wah untuk ruang rumah yangukuran mungil sofa di gamabr terakhir sangat oke nih aku jaid pengen juga ngasih sofa di pojok ruang tamu

  2. Saya juga suka sofa minimalis, desainnya sepanjang masa. Terima kasih tipsnya, bermanfaat sekali, setuju cara pemeliharaan masuk dalam pertimbangan pemilihannya.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.