Review Kelas Muamalah Dasar POMM ETA

Review Kelas Muamalah POMM ETA Belajar Online

Suatu saat di malam Ramadan, sebuah pikiran tiba-tiba masuk begitu aja ke kepala: kepengen deh ikut kelas ilmu waris. Tidak pikir lama, saya langsung browsing dan ketemulah kelas belajar yang diselenggarakan oleh Ustadz Erwandi Tarmidzi dan tim. Dengan nama besar ust Erwandi, tidak diragukan lagi lah ya kualitasnya. Tapi saya pengen tahu juga testimoni alumni POMM ETA, dan ketemulah tulisan mba Ines di www.inesyuanta.com. Saya jadi lebih yakin buat ikutan setelah baca tulisan mba Ines. Makasih ya mba Ines!

Agar tidak kaget masuk kelas waris (yang pada saat itu memang belum dibuka pendaftarannya), terlebih dahulu saya ambil kelas muamalah dasar. Tulisan ini akan bercerita tentang pengalaman saya mengikuti kelas Muamalah Dasar POMM ETA di tahun 2022 ini. Mungkin di antara kamu ada yang sedang mencari kelas belajar online muamalah, semoga review ini bermanfaat buat kamu ya.

Kelas Belajar Online POMM ETA

POMM ETA merupakan kependekan dari Pendidikan Online Muamalah Maaliyah Erwandi Tarmidzi Associate. Jadi, POMM ini adalah kelas belajar online terkait muamalah maaliyah dari Erwandi Tarmidzi Associate (ETA) seperti jual-beli, zakat, waris, dan lain-lain.

Selain diasuh oleh Ustadz Erwandi, kelas ini juga dipandu oleh ustadz lain yang kompeten sebagai representatif dari Ustadz Erwandi.

Daftar Kelas POMM ETA

POMM ETA memiliki banyak kelas yang bisa kamu ikuti, diantaranya :

  • Zakat (POMM 1)
  • Dasar Jual Beli (POMM 2)
  • Dasar Muamalah (POMM 3)
  • Qardh (POMM 4)
  • Ijarah (POMM 5)
  • Murabahah (POMM 6)
  • Salam (POMM 7)
  • Istishna (POMM 8)
  • Mudharabah (POMM 10)
  • Dhaman (POMM 11)
  • Rahn (POMM 12)
  • Wakalah (POMM 14)
  • Wakaf (POMM 16)
  • Sharf (POMM 17)
  • Ecommerce (POMM 19)
  • Waris (POMM 21)

Dengan beragamnya kelas yang tersedia, kamu bisa mengikuti kelas dengan lebih intensif sesuai dengan kebutuhan. Beberapa kelas memiliki prasyaratan khusus seperti harus lulus dari kelas yang lainnya terlebih dulu. Jadi, beberapa kelas tidak bisa ujug-ujug daftar tanpa sebelumnya ikut kelas yang diwajibkan dan lulus dari kelas tersebut.

Apakah ada kemungkinan tidak lulus di akhir periode belajar? Iya, karena pada setiap kelas ada ujian dan pada nilai akademik tertentu baru bisa dinyatakan lulus. Jika tidak lulus, kamu bisa mengulang materi di kelas yang sama. Teknisnya saya belum tahu karena kelas yang saya ikuti masih berjalan.

Kenapa Pilih Kelas Muamalah Dasar?

Beberapa kelas yang saya tuju dari deretan kelas yang tersedia adalah Kelas Muamalah Dasar, Kelas Jual-Beli, dan Kelas Waris. Kelas Muamalah Dasar dan Kelas Jual-Beli menjadi dasar dalam bermuamalah sehari-hari. Ditambah lagi, saya berencana melanjutkan berdagang yang sempat terhenti beberapa tahun, maka ilmu dasar ini perlu untuk membekali diri dari halal-haram transaksi. Kelas Muamalah Dasar dan Kelas Jual-Beli menjadi pondasi untuk mengikuti beberapa kelas lainnya di POMM ETA.

Kelas Waris menjadi kelas yang saya ingin ikuti sejak lama. Dulu sekali pernah coba ikut kelas waris di sebuah grup whatsapp. Entah karena tidak fokus atau niatnya belum lurus, saya drop-out sebelum kelas tersebut usai.

Jadwal Kelas Muamalah Dasar POMM ETA

Kelas Muamalah Dasar POMM ETA berlangsung selama 4 pekan. Tiga pekan pertama peserta akan mendapatkan materi dan mengikuti kuis pekanan. Satu pekan terakhir adalah waktu untuk peserta mengulang materi secara mandiri (murojaah) dan ujian akhir.

Materi berupa audio diberikan selama 4 hari berturut-turut di hari Jumat, Sabtu, Ahad, dan Senin. Setiap materi dapat didengarkan sampai dengan 2×24 jam, yang artinya diberikan kesempatan selama 2 hari untuk peserta mencatat resume dan mengulang mendengarkan materi.

Pada hari Rabu ada jadwal sesi interaktif dengan Ustadz Erwandi. Pada sesi ini, peserta diberi kesempatan untuk bertanya secara langsung kepada ustadz terkait materi yang belum dipahami. Sesi ini nantinya bisa disaksikan kembali tayangan ulangnya via Youtube.

Setelah mendapatkan materi dan mengikuti sesi interaktif, pada hari Kamis diselenggarakan kuis untuk membantu peserta memahami materi dengan lebih baik.

Selain jadwal materi dan kuis, peserta bisa loh diskusi materi atau kuis di grup whatsapp dengan peserta lainnya. Di grup whatsapp saya sering diadakan diskusi pembahasan soal kuis dengan dipimpin oleh admin grup. Diskusi biasanya berlangsuung beberapa hari setelah jadwal kuis berlalu. Diskusi ini sangat membantu saya dalam memahami materi dan contoh-contoh kasusnya.

Materi Kelas Muamalah Dasar POMM ETA

Materi di Kelas Muamalah Dasar POMM ETA terdiri dari 3 materi: Zalim, Gharar, dan Riba. Tiga hal ini menjadi dasar halal-haramnya suatu muamalah.

Materi yang diberikan dimulai dari definisi hingga contoh kasus. Didukung oleh nash yang shahih (Alquran, hadits, ijma ulama, dan kitab shahih lainnya) dan disampaikan secara runut, membuat saya bisa memahami kaidah yang digunakan dalam menetapkan haram-halal suatu muamalah. Sumber ilmu disebutkan dengan sangat jelas. Jika menukil dari suatu kitab, maka disebutkan nama kitab, penulis, nomor jilid, serta halamannya. Lengkap banget kan?!

Nilai Akademik

Pada kelas yang saya ikuti saat ini, sistem penilaian akademik terdiri dari nilai kuis dan ujian akhir dengan pembobotan kuis 1, kuis 2, kuis 3, dan ujian akhir 20:20:20:40 secara berturut-turut.

Misal:

Nilai kuis 1 20

Nilai kuis 2 15

Nilai kuis 3 18

Nilai ujian akhir 30

maka, perkiraan nilai akademik akhir 20+15+18+30=73

Ketentuan nilai tersebut hanya sebagai gambaran bahwa ujian akhir memiliki bobot paling besar diantara faktor lainnya. Ketentuan penilaian sangat mungkin berubah bergantung pada tim POMM ETA.

Peserta dengan nilai akademik tertinggi 10 teratas tertera pada menu Ranking di menu Daftar Kelas.

Pengenalan Aplikasi POMM ETA

Aplikasi Belajar POMM ETA

Di awal kelas, admin kelas menjelaskan ketentuan kelas dan lainnya termasuk pengenalan aplikasi POMM ETA. Karena belajar online, aplikasi dan web memiliki peranan penting dalam proses belajar. Aplikasi dan web digunakan untuk mengakses materi, menulis resume materi, melihat jadwal kelas, dan informasi akademik lainnya.

Saya termasuk yang agak bingung dengan menu dan fitur aplikasi di awal pemakaian. Menurut saya interface nya kurang sederhana. Pada salah satu menu, terdiri dari beberapa menu dan ada lagi beberapa tab di dalamnya. Saya pernah tersesat mencari resume yang pernah saya buat dan baru menemukan lokasinya saat mengikuti tuntunan admin pembimbing grup. Semoga ke depannya aplikasi POMM ETA bisa lebih user friendly.

Tips Belajar di Kelas Online Muamalah Dasar POMM ETA

Sebagai peserta yang baru pertama kali mengikuti kelas online POMM ETA, saya ingin berbagi pengalaman untuk bisa survive menjalani kelas hingga tuntas.

Luruskan niat belajar.

Ini penting. Niat ini yang menjadi bahan bakar untuk tetap berjalan terus walaupun kondisi sedang tidak bersahabat. Saya yang merasa kurang disiplin, setiap kali perlu mengingat kembali niat belajar di kelas ini kala semangat mulai mengendur.

Seorang ustadz pernah berkata, “Ilmu yang didapat adalah untuk diamalkan”. Kadang saya tergoda hanya sebatas ingin tahu, tapi untuk mengamalkan saya bisa menghadirkan banyak alasan untuk menunda pengamalan ilmu. Astagfirullah.

Selama belajar di waktu yang singkat ini, tersingkap banyak muamalah yang ternyata tidak halal. Muamalah yang dekat dengan keseharian. Muamalah yang mungkin enggan untuk ditinggalkan. Sering-sering meluruskan niat. Semoga Allah berikan ilmu yang bermanfaat dan menjauhkan kita dari ilmu yang tidak bermanfaat.

Mencatat dengan tuntas

Materi yang diberikan berupa audio (rata-rata durasinya di atas 10 menit) sehingga kamu perlu mencatat materi untuk mengikatnya. Kalau kamu sudah pernah mengikuti kelas Halaqah Silsilah ‘Ilmiyah (HSI) yang diasuh oleh Ustadz Abdullah Roy mungkin tidak asing lagi dengan kegiatan meresume dari materi audio. Kalau kamu terbiasa mencatat materi HSI dengan catatan seperlunya sesuai pemahaman (seperti saya..hehehe), jangan diulangi di kelas ini.

Di kelas ini, sangat disarankan untuk mencatat resume materi kata per kata dengan tuntas. Selain karena banyak mengandung istilah khusus terkait muamalah, bisa jadi pemahaman kita berbeda dengan yang disampaikan oleh Ustadz. Untuk pembelajaran mandiri, kamu bisa menambahkan catatan sendiri untuk membantu kamu memahami materi dengan lebih baik lagi.

Pada aplikasi atau web, disediakan space untuk menuliskan resume. Karena formatnya relatif sederhana, ada baiknya kamu menuliskan terlebih dahulu pada Ms. Word atau di buku catatan. Awalnya saya menuliskan resume pada buku catatan, namun setelahnya saya melihat tulisan saya terlalu berantakan untuk dibaca ulang saat diperlukan. Wkwkwkwk. Hal ini karena saat menulis harus agak cepat kalau tidak ingin sering-sering pause materi audio.

Seiring berjalannya waktu, saya mencoba mencatat materi di Ms Word baru kemudian menyalin kembali ke buku catatan saat waktu senggang. Bagi saya, metode ini lebih efektif. Ditambah lagi, saya jadi sering mengulang materi.

Oh iya, sebisa mungkin selalu menyalin resume pada kolom resume pada web atau aplikasi karena 1 resume yang ditulis minimal 200 kata akan terhitung sebagai 1 partisipasi yang kemungkinan akan bisa digunakan untuk menambah nilai akhir nantinya.

Memerhatikan Adab Berilmu

Apa saja adab berilmu? Salah satu adab menuntut ilmu adalah dengan menghormati guru dan ahli ilmu. Misalnya saat mengajukan pertanyaan di sesi interaktif, doakan beliau sebelum bertanya, sampaikan pertanyaan dengan jelas, menyimak penjelasan Ustadz tanpa menyela, dan ucapkan terima kasih jika pertanyaan telah selesai dijawab.

Adab Penuntut Ilmu

Dan masih banyak lagi adab penuntut ilmu yang bisa diamalkan. Buat kamu yang belum tahu apa saja adab bagi penuntut ilmu, kamu bisa cari tahu dulu sebelum mulai belajar. Di grup wa yang saya tempati, admin grup biasanya akan mengirimkan tausyiah harian terkait adab penuntut ilmu.

Perbanyak Referensi

Perbanyaklah membaca dari sumber-sumber yang shahih. Salah satu referensi yang disarankan adalah buku Harta Haram Muamalat Kontemporer yang ditulis oleh Ustadz Erwandi Tarmidzi.

Referensi Kelas Muamalah Dasar POMM ETA
Sumber gambar: erwanditarmizi.com

Selain untuk membantu pemahaman, tambahan referensi juga sangat berguna saat kuis atau ujian. Kuis atau ujian akhir bersifat open book, sehingga peserta bisa membuka seluruh referensi yang dimiliki.

Aktif Bertanya dan Berdiskusi

Jika sudah banyak membaca referensi tapi masih belum paham, manfaatkan sesi interaktif dengan Ustadz Erwandi sebagai sarana untuk bertanya. Perhatikan adab bertanya pada Ustadz dan pastikan kamu sudah paham saat Ustadz mengakhiri penjelasannya. Jika masih belum paham untuk hal yang ditanyakan, bisa disampaikan kembali kepada Ustadz bagian mana yang membuat kamu belum paham.

Selain sesi interaktif, kamu juga memanfaatkan sesi diskusi pembahasan soal kuis di grup whatsapp. Luruskan kembali niat bertanya dan berdiskusi untuk mencari kebenaran dan hindari debat kusir.

Konsentrasi dalam Mengerjakan Soal

Konsentrasi ini penting banget sih karena selain jawaban, soal juga sering membuat kecele (kalo kamu tahu arti kecele, berarti kita seangkatan..wkwkwk). Soal sering menggunakan kata ‘bukan’ atau ‘kecuali’, maka berhati-hatilah dalam membaca soal.

Menganalisa kasus pada soal juga perlu diperhatikan. Saya banyak terjebak dengan beberapa kasus pada soal. Selain memerhatikan pertanyaa, dalam hal ini perlu kematangan pemahaman kaidah. Karenanya, kembali lagi, perbanyak membaca referensi, aktif bertanya, dan aktif berdiskusi.

Agar lebih tenang dalam mengerjakan soal, sebaiknya kamu pilih waktu terbaik saat kamu bisa berkonsentrasi. Saya biasanya mengerjakan soal saat anak-anak sedang tidur, entah pada subuh hari atau siang hari. Jika di tengah-tengah mengerjakan soal, kamu merasa kurang konsentrasi, berhentilah sejenak dan lanjutkan mengerjakan saat sudah kondusif.

Oh iya, durasi mengerjakan keseluruhan soal kuis atau ujian akhir biasanya selama 1×24 jam dan untuk tiap soal tidak ada batasan waktu pengerjaan. Asiknya, soal yang dirasa sulit bisa kamu lewati. Kamu bisa ambil rehat sejenak sembari baca materi dan referensi lain terkait soal sulit tersebut. Soal akan muncul lagi kemudian secara otomatis saat kamu mulai mengerjakan soal kembali.

Menuntut Ilmu dan Takwa

Seorang Ustadz berkata, “Tujuan dari menuntut ilmu adalah agar kita menjadi orang yang bertakwa“. Bukan untuk bangga-banggaan, bukan untuk sekedar tahu, bukan untuk bahan obrolan sama circle kita. Dengan ilmu, kita jadi tahu jalan menuju ridho Allah. Semakin berilmu, semestinya semakin patuh sama Allah.

Ini juga menjadi pengingat untuk saya, tuntut ilmu dan amalkan. Semoga Allah berikan kita ilmu yang bermanfaat. Semoga Allah jauhkan kita dari ilmu yang tidak bermanfaat. Semoga Allah jadikan kita orang-orang yang bertakwa dengan ilmu.

Untuk kamu yang tertarik untuk tahu lebih banyak tentang program belajar online yang diselenggarakan oleh POMM ETA, kamu bisa langsung kunjungi web POMM ETA dan bisa baca-baca lebih lanjut. Kelas Muamalah Dasar POMM ETA dijadwalkan setiap bulan loh, so jangan sampai ketinggalan kereta ya!

Diperbarui tanggal 17 Juni 2022

6 komentar

  1. MasyaaAllah.. pas banget ibuk pei bikin review kelas pomm gw baru mau mulai 1 juli.. jadi penasaran sama aplikasinya.. dan mesti nyatet ya..humm..humm.. 🥲🥲

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.