Belajar Riset Keyword Bersama ODOP Blogger Squad

Hai! Kali ini saya mau cerita tentang pengalaman saya bersama komunitas ODOP Blogger Squad. Tempo hari, saya berkesempatan belajar riset keyword untuk keperluan blogging dari mba Jihan Mawwadah sebagai narasumber. Di tulisan ini, saya mau berbagi apa-apa saja yang saya pelajari tentang riset keyword ini. Semoga bermanfaat yaa!

ODOP Blogger Squad

Sebelum masuk ke materi riset keyword, saya mau memerkenalkan dulu apa itu ODOP Blogger Squad. Ada sebuah komunitas menulis bernama Komunitas One Day One Post (ODOP). Pada September 2020 lalu saya mulai bergabung dengan komunitas ini.

Setelah melalui masa orientasi selama kurang lebih 2.5 bulan, saya dan teman-teman lainnya dinyatakan lulus dan resmi diterima sebagai bagian dari Komunitas ODOP (ada juga yang gugur di tengah jalan..heu).

Beberapa bulan berikutnya, dibukalah semacam kelas penjurusan di komunitas ODOP yang salah satunya ada kelas blog yang para membernya disebut dengan ODOP blogger squad.

Di kelas blog ini ada materi setiap pekan yang membahas perihal blog. Nah, pekan ini kami membahas apa dan bagaimana sih riset keyword ini.

Belajar Riset Keyword

Saya termasuk yang kalau nulis blog ya nulis aja, ga pake riset keyword dulu. Palingan bikin poin-poin outline biar ga ngalor ngidul bahasannya. Tapi ya gaes, ternyata penting juga loh kita meriset keyword sebelum menulis.

Mba Jihan mengatakan setidaknya ada 4 keuntungan kalau kita meriset keyword terlebih dahulu sebelum menulis blog:

  1. Membantu menemukan ide untuk mengembangkan tulisan.
  2. Mendapatkan kata kunci potensial yang jamak dicari.
  3. Membuat konten yang efektif menjawab berbagai permasalahan terkait tema.
  4. Memetakan konten (bagi blog baru).

Walaupun ada effort sedikit sebelum menulis, keuntungan yang didapatkan lebih banyak ya. Ditambah lagi, sudut pandang kita juga jadi lebih luas.

Tools Riset Keyword Gratis

Mba Jihan membeberkan pada ODOP blogger squad beberapa tools riset keyword yang bisa digunakan secara gratis tapi juga efektif.

Mesin Pencari Google

Mesin pencari Google sering banget kita pakai kan ya, tapi saya baru tahu kalau dengan Google kita juga bisa riset keyword loh. Gimana caranya?

Sama seperti kita ketik keyword pada mesin pencari, hanya saja ada hal tambahan yang diperhatikan. Saya coba sekalian praktik ya biar lebih melekat ilmunya dari mbak Ji.

Belajar Riset Keyword Bersama ODOP Blogger Squad
Ketik keyword pada mesin pencari Google

Saya coba ketik keyword review novel Ayah (eh iya kalau kamu mau baca review novel Ayah yang sudah saya tulis, bisa lihat di sini ya) pada mesin pencari Google.

Perhatikan related searches

Saya scroll ke bawah untuk melihat related searches atau penelusuran terkait atas kata kunci yang sudah diketikkan. Daftar penelusuran terkait ini bisa dijadikan kata kunci turunan atas kata kunci yang sudah saya tetapkan tadi. Setelah menetapkan kata kunci turunan, kita bisa elaborasi lagi pembahasannya.

Daftar penelusuran terkait menunjukkan keyword yang orang-orang cari yang berhubungan dengan kata kunci yang sudah diketikkan tadi.

Mudah banget ya? Yuk kamu juga bisa langsung praktik!

Ubersuggest

Ubersuggest merupakan salah satu tools gratis yang bisa digunakan untuk riset keyword. Pertama-tama kamu bisa masuk dulu ke Ubersuggest. Lalu kamu bisa langsung ketik keyword yang kamu inginkan seperti ini:

Jangan lupa ganti lambang bendera dengan Indonesia ya. Lalu klik tombol search yang ada di sebelah kanan. Ubersuggest akan menampilkan hasil seperti ini:

Dari gambar di atas, kita bisa lihat ada beberapa kolom dengan berbagai nama. Kolom VOL menunjukkan jumlah pencarian keyword tersebut dalam kurun waktu 1 bulan. Kolo. CPC kependekan dari Cost per Click yang berarti harga per klik yang dibayarkan untuk keyword tersebut jika blog menggunakan AdSense. Kolom PD menunjukkan angka persaingan terkait CPC. Semakin tinggi angkanya, semakin besar persaingannya. Kolom SD mewakili SEO Difficulty yang menunjukkan persaingan SEO dalam pencarian organik. Semakin tinggi angka SD, semakin tinggi persaingannya dalam pencarian organik.

Jika kita meng-klik tanda panah dalam kotak oranye yang ada pada tiap keyword, Ubersuggest akan menampilkan web yang menggunakan keyword tersebut.

Seru ya bahasan riset keyword bersama ODOP Blogger Squad! Lebih seru lagi kalau kamu ikutan bergabung bersama kami dan belajar bareng-bareng. Bahasannya luas, variatif, dan mendalam loh! Semoga tulisan ini bermanfaat ya buat kamu!

3 comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *