Review Aplikasi Epic! Aplikasi Perpustakaan Digital untuk Buku Anak

Review Epic! Aplikasi Perpustakaan Digital Buku Anak

Kali ini saya akan menulis review aplikasi Epic! yang merupakan salah satu aplikasi perpustakaan digital untuk buku anak-anak.

Saya tahu aplikasi Epic! (memang ditulis dengan tanda seru di belakang) dari seorang teman. Awalnya saya sedang ngobrol tentang anak di sebuah grup whatsapp. Grup whatsapp ini hanya berisi 3 orang tapi obrolannya cukup variatif dari urusan sekolah anak hingga skincare. Khas emak-emak lah ya.

Saat itu saya bertanya tentang sejak kapan teman-teman saya mengenalkan bahasa Inggris kepada anak-anak. Tadinya, saya bertekad untuk mengasah kemampuan berbahasa Indonesia anak saya hingga usia 5 tahun, tanpa diperkenalkan bahasa asing.

Tapi, di era gadget dan medsos begini, anak sulung saya sudah terlalu sering terpapar bahasa asing (terutama bahasa Inggris) via Youtube. Semakin hari dia jadi sering bertanya arti dari kosakata bahasa Inggris, padahal usianya belum genap 5 tahun.

Walaupun bahasa ibunya masih belum rapi betul, akhirnya saya putuskan untuk mendekatkan dia dengan bahasa asing, salah satunya dengan buku. Di Epic! semua buku berbahasa Inggris dan diperuntukkan untuk pra sekolah hingga usia sekolah. Jadi, apakah saya merasa terbantu dengan Epic!? Apa kekurangan dan kelebihan Epic!? Semoga review aplikasi Epic! di bawah ini bermanfaat buat kamu ya!

Mengenal Epic!

Jadi, apa itu Epic!?

Aplikasi Perpustakaan Digital

Epic! adalah sebuah aplikasi perpustakaan digital yang debut pada tahun 2013 dengan program Epic Reading Experience.

Buku-buku Berbahasa Inggris

Keseluruhan buku-buku yang ada di sini berbahasa Inggris, cocok untuk kamu yang ingin mengenalkan bahasa Inggris ke anak-anak. Jika anak kamu memang sudah gemar membaca buku berbahasa Inggris, di Epic! tersedia beragam buku dengan variasi topik. Ada lebih dari 40 ribu buku dari lebih dari 250 penerbit di seluruh dunia.

Kategori Bacaan Sesuai Umur

Pada buku cerita anak dengan kategori usia 7 tahun misalnya, terdapat lebih banyak kata-kata dan dengan konflik cerita yang lebih kompleks dibandingkan dengan buku kategori usia 4 tahun.

Agar lebih tepat sasaran, ada baiknya memilih bacaan sesuai dengan kategori umur, kecuali kemampuan membaca sang anak melebihi anak-anak seumurnya.

Fitur Read to Me

Fitur read to me ini menurut saya baik sekali untuk mengenalkan pengucapan kosakata oleh native speaker. Orangtua juga bisa turut mendengarkan dan sesekali bisa berhenti sejenak untuk menjelaskan yang dirasa perlu dijelaskan.

Fitur Read to Me pada Aplikasi Epic!

Fitur Badges

Ini salah satu fitur yang menarik buat anak-anak saya, ada badges untuk pencapaian tertentu. Misal anak saya baru saja membaca sebuah buku tentang kucing, maka anak saya berhak mendapatkan badge bergambar kucing dengan tulisan ‘1x’.

Kategori badges ini lumayan banyak dan dengan gambar-gambar yang menggemaskan.

Badges Variatif di Aplikasi Epic!

Tidak hanya Buku

Di Epic! tidak hanya tersedia buku digital, tetapi juga tersedia video, comic, dan audibooks.

Apa bedanya buku dengan fitur read to me dan audiobook? Pada buku dengan fitur read to me, buku berbentuk digital dengan halaman-halaman, gambar-gambar, dan tulisan. Tentu saja dilengkapi dengan suara seseorang (voice over) yang membacakan buku tersebut.

Pada audiobook, hanya tersedia suara seseorang yang membacakan buku tanpa berbentuk buku. Audiobook ini cocok didengarkan pada kondisi tidak memungkinkan membaca buku, misalnya dalam perjalanan.

Review Epic! dengan Koleksi Audiobook yang variatif

Parents Dashboard

Dengan Parents Dashboard, orangtua dapat mengontrol bacaan anak (jika anak sudah bisa menggunakan sendiri aplikasi Epic! tanpa bimbingan) dan melihat seberapa banyak buku yang sudah dibaca dan jenis bukunya. Saya pribadi tidak terlalu sering membuka Parents Dashboard ini karena anak-anak masih saya dampingi dalam membaca.

Pilihan Paket sesuai Kebutuhan

Untuk menikmati segala fasilitas di Epic!, kamu bisa memilih salah satu dari 2 paket yang tersedia: paket Epic Basic dan Epic Unlimited. Pada Epic Basic, kamu bisa membaca buku maksimal 1 buku dalam 1 hari secara gratis.

Jika kamu merasa tidak cukup untuk membaca 1 buku dalam 1 hari, kamu bisa mengambil paket Epic Unlimited dan menikmati membaca buku sesukamu. Berdasarkan informasi terakhir, harga paket berkisar Rp149 ribu per bulan atau Rp1,1 juta per tahun (promo).

Review Aplikasi Epic!: Kelebihan Epic!

  1. Koleksi buku yang cukup banyak
  2. Tema cerita yang variatif
  3. Gambar menarik
  4. Fitur-fitur yang bermanfaat
  5. Gratis baca buku setiap hari (Epic Basic)

Review Aplikasi Epic!: Kekurangan Epic!

  1. Perlu bimbingan orangtua untuk tema-tema tertentu. Seperti juga menonton serial televisi, anak-anak yang membaca juga perlu didampingi. Saya pernah menemukan cerita tentang kucing yang pergi ke dukun untuk meminta ramuan yang bisa mengubah kebiasaan jelek seorang temannya. Dan pada sebuah review, ada seorang pengguna Epic! yang menemukan isu LGBT pada sebuah buku di Epic! Alangkah baiknya, kita tetap waspada dalam memilihkan buku anak atau tetap perhatikan bacaan anak dengan menu Parents Dashboard.
  2. Koleksi buku terbatas untuk Epic Basic. Jika kamu mengambil paket Epic Basic, tidak semua koleksi buku bisa dibaca. Buku dengan bertanda gembok hanya bisa dibaca jika kamu berlangganan Epic Unlimited.
  3. Program promo yang dibatalkan sepihak. Ini terjadi pada kami beberapa waktu lalu. Kami mengambil program promo Epic Unlimited seharga US$ 1 per bulan (setara +/- Rp14 ribu). Beberapa hari kemudian kami mendapatkan email dari bank yang mengeluarkan credit card yang kami gunakan. Isinya terkait refund dari Epic! Ketika dicek pada aplikasi, benar saja, paket unlimited kami berubah menjadi paket basic. Karena anak-anak kadung suka dengan Epic!, kami kembali berlangganan Epic Unlimited dengan harga normal.

Aplikasi yang Memperkaya Pengetahuan Bahasa Asing

Secara keseluruhan, saya dan keluarga mendapatkan manfaat yang besar dari aplikasi Epic! ini. Anak-anak selalu bersemangat saat tiba waktunya membaca buku di Epic! Sebagai orangtua, kita perlu kontrol juga durasi penggunaan Epic! Karena membaca via gadget tentu memiliki konsekuensi kesehatan bagi anak.

Setelah membaca review aplikasi Epic! di atas, apa kamu juga tertarik menggunakan Epic!? Jika kamu sudah pernah menggunakan Epic!, boleh ya share pengalaman kamu di kolom komen. Terima kasih sudah membaca! 🙂

4 komentar

  1. wah aku juga suka hunting perpustakaan digital buat anak-anak. belum pernah nyoba si epic ini sih kayaknya oke juga ya kak.

  2. Baiknya usia tiga tahun atau lima tahun ya bun, mengenalkan bahasa asing pada anak. Sekali-kali boleh ya bun, ditulis di blognya, tentang mana yang harus dikenalkan dulu pada anak, bisa membaca dahulu atau bisa berbahasa asing dahulu

  3. Hwah makin modern zaman ini, semakin canggih aplikasi-aplikasi yang dapat memudahkan hidup kita, termasuk kemudahan di dunia literasi. Tinggal ada kemauan dan minat membaca, semuanya ada di genggaman tangan, ya

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.