Review Wattpad, Aplikasi Tempat Dear Nathan Bermula

Review Wattpad Dear Nathan

Review Wattpad, Aplikasi Tempat Dear Nathan Bermula – Film Layar Lebar Dear Nathan Thank You Salma rilis beberapa hari lalu, tepatnya tanggal 13 Januari 2022. Diperankan oleh Jefri Nichole dan Amanda Rawless, Dear Nathan Thank You Salma ini adalah seri terakhir dari trilogi novel Dear Nathan.

Novel Dear Nathan pertama kali ditulis oleh Erisca Febriani di platform wattpad dan mendapatkan jutaan pembaca. Sampai dengan saat ini, Dear Nathan tercatat sudah dibaca sekitar 33,7 Juta pembaca di wattpad.

Tidak hanya Dear Nathan, beberapa novel dari wattpad telah didapuk oleh penerbit mayor dan diangkat ke layar lebar. Beberapa novel tersebut adalah Mariposa, Geez and Ann, dan The Perfect Husband. Ada yang bilang kalau wattpad adalah surganya penulis dan pembaca.

Saya pribadi pernah begitu tenggelam membaca beberapa novel di wattpad. Sampai bela-belain mantau akun instagram si penulis novel tersebut, demi bisa tahu info terkini kapan lanjutan ceritanya akan di-update.

Di tulisan ini saya akan berbagi review wattpad berdasarkan pengalaman saya menggunakan wattpad beberapa waktu lalu.

Apa Itu Wattpad?

Sebuah platform media sosial untuk menulis dan membaca. Sebagai penulis, kamu bisa menjadikan wattpad sebagai tempat untuk berlatih menulis dan melihat seberapa besar respon pasar (pengguna wattpad) terhadap karya tulis kamu. Sebagai pembaca, kamu bisa membaca banyak karya tulis penulis wattpad dengan berbagai genre.

Wattpad didirikan oleh Allen Lau dan Ivan Yuen pada tahun 2006. Bermarkas di Toronto, Kanada, wattpad kini telah digunakan oleh penduduk di berbagai negara.

Menu Wattpad

Review wattpad dimulai dari pengenalan menu wattpad yang tersedia pada bagian bawah layar.

Halaman Depan Wattpad

Sebelum masuk ke dalam menu wattpad, pengguna diminta masuk atau Sign In terlebih dulu. Kamu bisa masuk dengan akun dan password yang sudah didaftarkan pada wattpad sebelumnya. Jika kamu lupa password, wattpad bisa membantu kamu me-reset password dengan mengirimkan email ke alamat email terdaftar.

Selain dari akun terdaftar, kamu bisa juga masuk menggunakan akun facebook atau akun google. Jika kamu pengguna baru, kamu akan diminta membuat akun wattpad dengan menu Sign Up.

Home

Pada menu Home atau Beranda disajikan beberapa cerita dengan berbagai kategori. Di bagian paling atas ada informasi pilihan yang disajikan dalam bentuk sliding (bisa digeser).

Di bagian bawahnya ada cerita-cerita pilihan wattpad dalam kategori Top Picks For You. Biasanya cerita-cerita pilihan ini tersaji berdasarkan history bacaan si pengguna wattpad. Saya selalu membaca cerita fiksi sehingga cerita pilihan yang muncul berupa cerita-cerita fiksi. Mungkin jika saya sering membaca karya puisi, maka karya pilihan yang muncul berupa kumpulan puisi.

Setelah kategori Top Picks For You ada cerita pilihan berbayar atau Paid Stories. Sewaktu saya cukup rajin baca di wattpad, fitur cerita berbayar ini belum ada. Saya sebagai pengguna masih bebas membaca cerita apa saja tanpa harus membayar. Mungkin karena melihat peluang, wattpad kini memiliki paid stories.

Di bagian setelahnya masih banyak lagi kategori-kategori bacaan yang bisa dinikmati.

Review wattpad menu home

Pencarian

Dengan menggunakan fitur pencarian, kamu dapat dengan mudah menemukan bacaan yang kamu inginkan dengan mengetik kata kunci dari judul atau nama penulis karya.

Selain menggunakan kata kunci, kamu juga bisa mencari karya wattpad dengan mengklik tag yang ada. Saya mencoba meng-klik tag Non-Fiksi untuk melihat karya-karya non fiksi yang tesedia di wattpad dan alamak yang keluar tetap non fiksi!

Saya kira hal ini karena para penulis menetapkan sendiri tag atas karya mereka, bahkan yang tidak sesuai pun tetap disertakan. Agaknya tag ini kurang berfungsi dengan semestinya.

Library atau Perpustakaan

Seperti namanya, fitur Library atau Perpustakaan adalah tempat kita menyimpan karya yang ingin kita baca. Karya-karya yang tersimpan di Library hanya akan terlihat oleh si pengguna. Jika kita memasukkan karya-karya yang ingin dibaca pada Reading List, daftar bacaan kita bisa juga dilihat oleh pengguna wattpad yang lain.

Menulis

Menu ini diperuntukkan bagi kamu seorang penulis, baik penulis pemula atau yang sudah malang melintang di dunia tulis-menulis. Sebagai awalan, kamu diminta untuk menentukan sampul, judul cerita, dan deskripsi cerita.

Jika kamu belum menentukan judul, sampul, dan deskripsi, kamu bisa melewati (skip) bagian ini dan langsung menulis cerita.

Review wattpad menu menulis

Notifikasi

Menu ini menampilkan notifikasi terkait event wattpad dan pesan-pesan yang berasal dari pengguna wattpad lainnya.

Panduan dan Program Wattpad untuk Penulis

Sebagai sebuah platform menulis, wattpad cukup perhatian kepada para penulis. Wattpad memiliki panduan untuk para penulis agar karya mereka memiliki kualitas yang baik. Ada berbagai panduan tentang teknik menulis, menyunting naskah, membuat desain sampul, menulis untuk genre tertentu, dan juga tentang publikasi karya.

Perhatian wattpad kepada penulis tidak berhenti sampai di situ. Wattpad juga memiliki beberapa program dan penghargaan untuk para penulis. Diantaranya ada Watty Award, Wattpad Stars, Wattpad Paid Stories, Wattpad Books, Wattpad Studios, WattCon, Wattpad Picks, dan Contest.

Testimoni Sebagai Pengguna Wattpad

Sampai dengan saat ini, saya belum pernah memanfaatkan wattpad untuk menulis. Saya menggunakan wattpad sebagai pembaca. Sebagai pembaca, saya pernah memburu novel-novel yang direkomendasikan teman untuk dibaca. Setelah membaca lalu tenggelam dan setiap menunggu cerita novel tersebut di-update.

Tapi setelah membaca beberapa novel, saya tidak lagi membaca wattpad hingga saat ini. Karenanya, saya agak terkaget-kaget dengan beberapa perubahan pada wattpad, termasuk logonya. Kenapa saya tidak lagi membaca di wattpad?

Review Wattpad: Hal Menarik dari Wattpad

Review wattpad yang menarik
  • Wadah membaca secara gratis. Ini salah satu alasan saya membaca wattpad: gratis! Selain ipusnas, wattpad menjadi salah satu wadah saya untuk membaca.
  • Genre yang variatif. Berkumpul banyak genre di aplikasi ini, dari cerita anak hingga cerita dewasa.
  • Bertabur ilmu kepenulisan. Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, banyak sekali panduan dan tips yang bisa dibaca sebagai guideline kita dalam menulis.

Review Aplikasi Wattpad: Alasan Meninggalkan Wattpad (Entah Sampai Kapan)

Kira-kira sudah 3 tahun saya tidak lagi membaca via wattpad. Hal-hal berikut kiranya mewakili alasan saya meninggalkan wattpad:

  • Terlalu banyak novel dengan adegan dewasa. Walaupun genrenya variatif, entah kenapa saya sering menemukan adegan dewasa pada novel yang bahkan kemasannya religius. Dan ini cukup mengganggu. Beralih ke novel lainnya dengan jutaan pembaca pun tidak jauh berbeda.
  • Cerita cenderung monoton. Alur dan karakter yang disajikan cenderung monoton dan basi. Cerita yang disajikan kebanyakan menyasar kepada kaum remaja milenial. Untuk seumur saya jika tidak ingin terjebak pada cerita remaja, pilihannya pada cerita dewasa yang kemungkinan besar terselip adegan dewasa. Saya belum menemukan yang ‘wah’ dari cerita-cerita wattpad, mungkin nanti. Ada cerita yang cukup menyenangkan untuk dibaca, tapi in the end ya biasa aja.
  • Tata bahasa yang kurang enak dibaca. Sering ditemukan permasalahan ini bahkan pada karya yang telah dibaca oleh tidak sedikit pengguna.
  • Pengelompokkan dengan tag tidak berfungsi dengan baik. Seperti yang sudah disinggung di atas, tag pada suatu karya sering tidak berhubungan dengan karya tersebut dan ini membuat bias saya sebagai pembaca. Harapan saya, mencari bacaan dengan tag akan membantu saya menyaring cerita sesuai keinginan saya yang diwakilkan oleh tag, tapi ternyata tidak demikian.

Wattpad Membesarkan Novel Dear Nathan

Dengan segala pandangannya, wattpad berperan dalam membesarkan novel Dear Nathan dan novel-novel lainnya. Segala kelebihan dan kekurangan merupakan satu kesatuan wattpad yang sangat diharapkan akan lebih baik ke depannya.

Mungkin saya akan mulai lagi membaca wattpad jika ada rekomendasi bacaan oke. Kamu punya rekomendasi bacaan wattpad yang keren? Boleh ya drop di kolom komen. Terima kasih atensinya!

Sumber gambar:

imdb.com
wattpad.com

1 komentar

  1. Sejauh ini untuk platform baca novel yg user friendly masih suka wattpad.. pernah liat platform yg lain tapi gak nyaman bacanya.. somehow ada yg 1 bab nya kepanjangan dan kecerahan homepagenya bikin sakit mata baca lama2..

    Tapi bener sih cerita2 wattpad yg non-berbayar tipikal ya.. kalo diliat2 segmentasi readernya lebih kearah anak sma dan kpopers, which is gak relate bgt sama gw😆 jadi inget jaman2 sma suka baca cerpen kawanku

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.