Variasi Menu Sahur Praktis dari Ayam Ungkep

Menu Sahur Praktis dari ayam ungkep

Variasi Menu Sahur Praktis dari Ayam Ungkep – Kenapa sahur perlu menu yang praktis? Karena ada kemungkinan kita bangun kesiangan. Berbagai kegiatan ibadah di bulan Ramadan cukup padat, termasuk ibadah di malam hari. Ada tarawih setelah isya, tilawah quran, belum lagi kalau ada acara kumpul-kumpul buka puasa bersama.

Padatnya kegiatan di malam hari membuat kita sering tidur larut, padahal kita harus bangun lebih awal untuk sahur puasa esok hari. Nah, untuk seorang Ibu, penting untuk punya manajemen waktu yang baik agar bisa tetap menyiapkan sahur untuk keluarga. Saya sih belum pernah coba, tapi rasa-rasanya agak sulit melakukan pesan online makanan saat sahur ya. Menu sahur praktis to the rescue!

Menu Sahur Praktis: Ayam Ungkep to The Rescue

Ada baiknya kita memperkaya pengetahuan tentang menu makanan yang praktis untuk disajikan dalam waktu yang sempit. Walaupun sedang tidak terburu-buru, menu masakan yang praktis memberikan kita waktu luang untuk melakukan ibadah alih-alih berlama-lama di dapur. Saya pribadi bertekad menghabiskan waktu sesingkat mungkin di dapur selama Ramadan ini (mungkin setelah Ramadan juga :D).

Salah satu menu yang praktis andalan saya adalah ayam ungkep. Memang saat mengungkepnya membutuhkan waktu yang agak lama, sekitar 30 menit (tergantung tingkat keempukan ayam), namun setelahnya ayam ungkep bisa distok di kulkas dan dimasak dengan sangat singkat sewaktu-waktu diperlukan.

Resep Ayam Ungkep

Sampai dengan saat ini, saya cocok dengan resep ayam ungkep bumbu kuning punya Mba Endang dari blog justtryandtaste.

Bahan-Bahan

Bahan dan Bumbu Lainnya:

  • 1 ekor ayam negeri, potong-potong lalu lumuri air jeruk nipis dan garam. Diamkan 20 menit, cuci bersih.
  • 500 ml air (tambahkan jika ayam kurang empuk)
  • 4 lembar daun salam
  • 1 sendok makan ketumbar bubuk
  • 2 sendok teh garam, atau sesuai selera

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 5 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 ruas jari jahe
  • 3 ruas jari lengkuas muda
  • 1 batang serai, amil putihnya
  • 3 ruas jari kunyit

Cara Membuat

  1. Campurkan ayam dengan bumbu halus, daun salam, ketumbar bubuk, dan garam. Remas-remas ayam dan bumbu. Sisihkan 15 menit atau hingga bumbu dirasa sudah meresap.
  2. Masak ayam dengan api kecil dan aduk-aduk hingga air yang dikeluarkan ayam habis.
  3. Tambahkan air dan masak ayam dengan api kecil hingga empuk. Tambahkan air jika ayam masih kurang empuk.
  4. Angkat dan tunggu dingin. Setelah dingi bisa diolah menjadi masakan lainnya atau bisa disimpan dalam lemari es untuk persediaan makanan.

Variasi Menu Olahan Ayam Ungkep

menu sahur praktis olahan ayam ungkep

Menariknya, ayam ungkep tidak hanya bisa dimasak menjadi ayam goreng saja loh. Ada beberapa menu yang bisa dihasilkan dari ayam ungkep. Menu-menu ini sudah pernah saya masak sendiri dan enak! Ini dia beberapa variasi menu sahur praktis dari ayam ungkep.

Ayam Goreng

Seringnya, ayam ungkep yang ada saya masak menjadi ayam goreng ala pecel ayam. Tinggal goreng di minyak panas hingga kecoklatan. Setelah matang bisa disajikan bersama sambal terasi dan lalapan timun, kol, daun kemangi, dan sayuran lainnya sesuai selera.

Ayam Bakar

Kalau bosen dengan ayam goreng, ayam ungkep yang ada kadang saya bakar di atas teflon. Bumbu oles untuk ayam tinggal sediakan kecap manis dan saus tomat dengan perbandingan 3:1 atau bisa diubah sesuai selera.

Oles ayam ungkep dengan campuran kecap dan saus tomat pada satu sisi lalu bakar. Balik sisi ayam agar ayam terbakar secara menyeluruh. Ayam bisa dioles berkali-kali dengan bumbu oles dan dibakar lagi bolak-balik hingga bumbu meresap dan sesuai dengan kematangan yang diinginkan. Angkat dan sajikan dengan lalapan sesuai selera.

Soto Ayam

Ayam ungkep bisa juga dimasak menjadi soto ayam dengan memanfaatkan kuah ungkep atau bumbu sisa ungkep. Jika sebelum mengungkep ayam saya sudah berencana membuat soto, ayam saya rebus sebentar sebelum diungkep. Tujuannya adalah untuk membersihkan ayam dari kotoran-kotoran dan darah.

Ayam yang sudah diungkep disuir-suir secukupnya. Kuah sisa ungkep dimasak lagi dengan bumbu soto (saya biasanya pakai bumbu jadi, biar lebih praktis :D) sebagai kuah soto. Masak hingga mendidih. Dan terakhir tambahkan daun bawang yang sudah dicincang kasar.

Pelengkap soto ayam bisa disiapkan sesuai selera. Soun bisa direndam sebentar pada air panas hingga mengembang. Kol diiris tipis. Tomat dipotong sesuai selera. Jika suka telur rebus, bisa ditambahkan sebagai pelengkap. Masukkan semua pelengkap pada mangkok dan tuang kuah soto. Sajikan dengan taburan bawang goreng jika suka.

Jika dirasa kurang praktis, pelengkap soto bisa disesuaikan dengan ketersediaan bahan dan waktu untuk menyiapkannya.

Menu Sahur Praktis Pendukung Ibadah

Menu sahur praktis penting untuk mendukung ibadah di bulan Ramadan. Sebaiknya tidak menghabiskan waktu terlalu lama di dapur dan ibadah jadi berkurang. Pun, jangan sampai tidak sahur karena kesiangan. Ada berkah pada waktu sahur. Di bulan Ramadan ini, segala sesuatunya agar berorientasi ibadah. Semoga Allah lancarkan ibadah kita di bulan Ramadan ini ya, Bestie!

4 komentar

  1. Praktis simpel tuk menu sahur…klo kesiangan. Udh ad lauk di kulkas. Tinggal di goreng aja dah..mkasi tips nya. Ka indh..

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.