Cek Spesifikasi Laptop! Nyaris Wanprestasi Gegara Laptop

Cek Spesifikasi Laptop

Cek Spesifikasi Laptop! Nyaris Wanprestasi Gegara Laptop – Saya baru saja meniti perjalanan menjadi content writer. Suatu waktu, saya mengambil pekerjaan untuk menulis review sebuah portal game online.

Saya sangat jarang bermain game, terlebih game online. Tapi pekerjaan tersebut tetap saya ambil karena bayarannya yang lumayan dan masih bisa disambungkan dengan niche blog.

Karena deadline-nya masih lama, saya mengutamakan pekerjaan menulis lainnya yang lebih mendesak untuk dikerjakan.

Sampai pada saat saya akan mulai menulis review game online ini, prahara itu terjadi. Sebelum menulis review, tentunya saya harus bermain game online terlebih dahulu. Saya sudah memilih game apa saja yang akan saya mainkan. Tapi kondisi tidak terduga terjadi!

Laptop saya tiba-tiba sangat lemot. Padahal sebelumnya baik-baik saja. Saya coba buka halaman web lain dan melakukan tes sana sini, hasilnya baik-baik saja.

Saya cek memori laptop saya apakah terlalu penuh sehingga laptop berubah perilaku menjadi tidak menyenangkan seperti ini. Memori saya terhitung masih lega karena beberapa hari sebelumnya saya sempatnya menghapus file-file berkapasitas besar yang memenuhi tempat penyimpanan.

Saya panik dan tidak tahu harus berbuat apa. Terbayang pekerjaan saya gagal bahkan sebelum saya memulainya! Lalu, saya akan dicap sebagai penulis yang wanprestasi. Klien tidak ada yang mau memakai jass saya untuk menulis. Lalu saya merasa terpuruk dan menyesali kejadian ini selama bertahun-tahun. Karir saya hancur bahkan ketika baru saja dimulai!

Cek spesifikasi laptop

Yak, itu adalah berbagai skenario overthinking yang sempat muncul saat panik melanda. Beberapa detik kemudian saya sudah bisa mengendalikan pikiran dan berusaha mencari jalan keluarnya.

Laptop Si Biang Kerok

Setelah browsing sana sini dan konsultasi dengan suami, diketahuilah bahwasanya laptop saya yang menjadi biang kerok prahara ini.

Laptop yang saya gunakan ini dibeli sekitar tahun 2013 untuk keperluan mengerjakan tugas kuliah pasca sarjana. Ukurannya yang relatif imut memudahkan saya membawa-bawa laptop ke kantor lalu ke kampus selepas kerja. Beratnya hanya 1.55 kg saja!

Sampai dengan saat ini, saya masih menggunakan laptop tersebut untuk mengerjakan berbagai tugas menulis hingga menonton film. Kualitasnya baik-baik saja sehingga saya tidak terpikir untuk menggantinya dengan laptop baru.

Namun ternyata, kualitasnya tidak cukup mumpuni untuk digunakan bermain game online. Saya yang awam sebenarnya tidak paham betul, spesifikasi yang mana pada laptop yang memengaruhi kinerjanya untuk gaming.

Cara Cek Spesifikasi Laptop

Bagaimanapun juga, saya perlu cari tau, setidaknya hal-hal dasar tentang laptop yang saya pakai. Apa itu hal yang paling dasar? Misalnya, apa spesifikasi laptop yang saya gunakan? Bagaimana cara mengecek spesifikasi laptop? Mungkin bagi banyak orang, ini hal basic, tapi tidak dengan saya.

Dulu, saya beli laptop bermodalkan tanya-tanya ke penjual laptop. Saya perlu laptop untuk X, mementingkan hal Y, dan ada uang sebesar Z. Tidak berapa lama, penjual laptop menawarkan laptop yang sesuai dengan kebutuhan. Tidak banyak cingcong, langsung saya beli.

Gara-gara laptop ngadat, saya jadi cari tahu lagi tentang spesifikasi laptop. Dari carisinyal, saya tahu bagaimana cara mengecek spesifikasi laptop dengan bahasa dan tuntunan yang mudah untuk dipahami.

Cek Spesifikasi Laptop

Setelah mengikuti step yang dianjurkan, saya akhirnya tahu spesifikasi laptop yang saya gunakan.

Cek spesifikasi laptop

Dari jabaran spesifikasi di atas, Thinkpad E135 ini sebenarnya masih mumpuni untuk menulis dan multimedia lainnya. Tapi memang ini produk lama sekali. Bahkan di toko resminya, produk ini sudah diskontinu.

Cek spesifikasi laptop

Spesifikasi Laptop Menentukan Kenyamanan Gaming Online

Masih dalam proses belajar mandiri alias browsing sana-sini, saya menduga kuat penyebab utama kelemotan ada pada processor laptop yang berjenis AMD dengan VGA Radeon.

AMD dengan VGA Radeon berkualitas baik untuk penggunaan multimedia, tapi tidak untuk gaming. Menonton di laptop dengan AMD VGA Radeon akan lebih menyenangkan karena memang kualitas multimedia yang diutamakan. Beda hal jika laptop tersebut digunakan untuk bermain game online. Hal ini dikarenakan processor tersebut membuat tampilan grafis terlihat tidak detail.

Lalu, bagaimana cara memilih laptop yang sesuai untuk game? Lagi-lagi, carisinyal memberikan tips untuk memilih laptop gaming yang murah dan berkualitas.

Cek spesifikasi laptop

Ada 9 tips yang disarankan oleh Carisinyal dalam memilih laptop untuk bermain game, salah satunya kapasitas RAM.

RAM atau Random Access Memory adalah bagian hardware dari gadget yang memungkinkan gadget untuk menyimpan memori sementara saat gadget sedang beroperasi. RAM biasanya mengacu pada kecepatan proses data pada gadget tersebut.

Thinkpad E135 saya memiliki kapasitas RAM sebesar 2 GB, yang mana kapasitas ini dirasa relatif kecil. Kemungkinan besar, kapasitas RAM ini juga menjadi sebab lemotnya laptop saya saat digunakan bermain game online. Dengan kapasitas RAM sebesar 2GB, kemampuannya untuk multitasking tidak andal.

Pekerjaan Rampung dengan Laptop yang Pas

Untuk keperluan yang mendesak, akhirnya saya mendapat pinjaman laptop, Dell Latitude 3400 I7. Tampilannya terlihat kokoh dan profesional. Saya cek spesifikasi laptop ini dan wow sangat mumpuni!

Cek spesifikasi laptop

Dengan kapasitas RAM yang (sangat) besar, saya bisa leluasa bermain game online tanpa lag sedikit pun! Ditambah lagi VGA yang digunakan seri NVIDIA GeForce yang sangat mumpuni digunakan untuk bermain game online.

Saya bisa memainkan beberapa game dengan waktu yang relatif singkat. Tidak lama setelahnya, saya bisa menyelesaikan review saya dalam sekali duduk. Sungguh pengalaman yang memuaskan!

Harapannya pekerjaan sebagai content writer tidak berhenti sampai di sini dan terus berkembang. Saya mempertimbangkan memiliki laptop dengan kemampuan yang mumpuni untuk segala kondisi.

Cari Laptop Masa Depan di Carisinyal

Untuk keperluan mencari laptop di masa depan, saya akan mengandalkan Carisinyal sebagai media informasi mencari rekomendasi laptop sesuai kebutuhan.

Kenapa mengandalkan Carisinyal?

Karena banyak sekali rekomendasi gadget yang dibahas dengan cukup mendalam. Gadget dibahas detail kelebihan dan kekurangannya.

Ditambah lagi, ada daftar rekomendasi gadget dengan kategori tertentu. Sampai dengan saat ini, saya merasa sangat terbantu mencari informasi tentang gadget.

Berkat laptop yang sesuai, saya tidak perlu khawatir wanprestasi. Sungguh pengalaman yang mendebarkan sekaligus menyenangkan.

Sumber Gambar

imgbin.com

clker.com

8 komentar

  1. Terima kasih informasinya. Bermanfaat sekali untuk para pencari laptop berkualitas

  2. Hwah laptop saya pun akhir-akhir ini kerasa banget lemotnya. Ternyata banyak banget file-file berkapasitas besar yang sepertinya harus sudah dibuang atau dipindahkan, atau mungkin harus ganti laptop baru, ya. Nyari info dululah di carisinyal

  3. Lah aku auto ngecek kondisi laptopku.. Pantesan lemot juga laptopku, ram nya cuma 2gb wkwk. Mau ganti laptop tapi dompet masih menolak. Ya audah nikmatis ja

  4. Cek spesifikasi laptop saat mau beli penting banget. Biar gak puyeng saat di toko… hehehe
    Tapi tetep saja, yang biasanya butuh barang elektronik itu aku, yang cari dan banding-bandingin spesifikasi laptop adl suami karena itu hobinya dia.

  5. Wah,, mantap cara ngeceknya mbak. mudah banget ternyata ya. ini penting banget sebelum membeli laptop biar ndak kejadian seperti adekku yang asal beli sesuai budget duitnya, tapi kurang nyaman akhirnya :”)

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *