Berlatih Mengetik 10 Jari dengan Game Online

Berlatih Mengetik 10 Jari dengan Game Online – Ada yang pernah merasakan terlalu lama menyelesaikan tulisan dikarenakan kendala teknis mengetik yang lamban?

Sewaktu kuliah, saya mengetik dengan sangat lamban menggunakan hanya beberapa jari saja. Saya melihat teman-teman saya begitu mahir mengetik dengan 10 jari tanpa melihat keyboard. Saya menatap mereka dengan tatapan kagum dan berharap suatu saat bisa punya kemampuan mengetik 10 jari seperti mereka.

Apa Itu Mengetik 10 Jari?

Sebelumnya, apa kamu sudah tahu apa itu mengetik 10 jari? Mengetik 10 jari adalah kemampuan mengetik cepat dengan menggunakan kedua tangan dan keseluruhan jari (10 jari) pada kedua tangan tersebut.

Keseluruhan jari akan produktif mengetik sesuai dengan tugasnya masing-masing. Dengan begitu, pergerakan tangan cenderung minimalis dan tetap berada pada posisinya.

Manfaat Mengetik 10 Jari

Pentingkah punya kemampuan mengetik 10 jari? Penting! Ada banyak manfaat loh yang bisa kamu rasakan secara langsung jika kamu punya skill ini:

Mengetik 10 Jari

Menghemat Waktu Mengetik

Bayangkan kalau kamu punya beberapa tugas tulisan dengan deadline yang berdekatan. Kamu akan diburu untuk lebih cepat menulis dalam waktu yang singkat.

Kemampuan menulis cepat 10 jari akan memudahkan kamu untuk menghemat waktu mengetik dan menyelesaikan tulisan dengan lebih cepat.

Gerak Tubuh Lebih Efisien

Kalau kamu sudah bisa mengetik dengan keseluruhan jari tangan, gerakan kepala dan anggotan tubuh lainnya bisa diminimalisir. Kepala yang tadinya sering tengak-tengok keyboard, sudah bisa relatif tetap tegak menatap layar laptop.

Punggung juga bisa lebih tegap dan tidak bongkok karena pergerakan kepala yang minimalis.

Lebih Fokus pada Isi Tulisan

Kalau kamu sudah bisa mengetik dengan lebih cepat, fokus kamu bisa dialihkan pada isi tulisan dan saya kira ini yang lebih penting. Karenanya, untuk lebih bisa fokus pada yang prioritas, kendala teknis (mengetik) perlu segera diselesaikan.

Ladang Cuan dari Jasa Pengetikkan

Kamu sudah mahir mengetik 10 jari? Kamu tinggal di sekitar sekolah atau institusi pendidikan lainnya? Kamu bisa loh menjual jasa mengetik untuk mendapatkan cuan.

Berlatih Mengetik 10 Jari dengan Game

Kembali pada kisah saya yang menatap kagum teman-teman yang mampu mengetik tanpa melihat keyboard, akhirnya saya bercita-cita punya kemampuan seperti mereka.

Seorang teman menawarkan sebuah aplikasi game untuk berlatih mengetik. Saya luangkan waktu secara konsisten untuk bermain game ini. Lama-kelamaan, hasilnya terlihat.

Saya bisa mengetik 10 jari, serupa dengan teman-teman saya. Padahal, saya memiliki kekurangan pada jari manis kiri. Jari saya patah dan bengkok sehingga agak kesulitan mengetik beberapa huruf tertentu. Walaupun demikian, dengan latihan yang baik, jari saya tetap bisa berfungsi baik untuk mengetik layaknya jari normal pada umumnya.

Berlatih mengetik 10 jari menggunakan game cukup menyenangkan. Mengetik menjadi tidak monoton dan juga membantu untuk refresh pikiran sejenak.

Mengingat salah satu harapan saya dalam 5 tahun ke depan adalah menjadi penulis profesional, saya kira skill ini wajib saya miliki dan tentu ya kamu yang mempunyai cita-cita serupa saya.

3 Game Online untuk Latihan Mengetik 10 Jari

Beberapa waktu belakangan, saya mencoba beberapa game online yang tersedia di plays.org dari sekian banyak game online yang tersedia.

Saya menemukan beberapa game online untuk meningkatkan kualitas mengetik. Saya pilihkan 3 game yang bisa kamu coba juga.

Fast Typer

Mengetik 10 Jari

Fast Typer ini adalah salah satu game typing yang tidak ada embel-embel ‘kids’ pada judulnya. Ya, saya pikir saya sebagai orang dewasa akan mencoba game yang diperuntukkan bagi orang dewasa.

Game ini mengharuskan kita mengetik secepat dan seakurat mungkin setiap kata yang muncul pada kartu di atas gambar mesin tik. Ketika ada kesalahan ketik (saltik), penulisan kata tidak dapat diedit dan kartu akan berganti kata lainnya.

Ketika permainan berakhir, layar akan menampilkan hasil yang berupa total kata benar dan kata yang salah serta kecepatan ketik dalam WPM (word per minute).

Desain tampilannya cukup menarik dengan gambar mesin tik klasik dengan kartu soal di atasnya. Awalnya saya antusias mengetik, namun lama kelamaan permainan menjadi monoton karena tidak ada peningkatan level permainan.

Type Furious

Mengetik 10 Jari

Judul lengkap permainan ini adalah Type Furious: Online Student Typing Practice Game. Keberadaan kata student pada judulnya membuat saya berharap akan game yang tidak monoton. Dan saya hampir benar.

Pada game ini, kita diharuskan mengetikkan kata yang muncul pada layar dari kiri berjalan ke arah kanan layar. Kata-kata harus diketikkan sebelum mereka sampai pada bagian kanan layar.

Kata-kata yang muncul secara menyebar mempunyai kecepatan yang berbeda, sehingga kita perlu jeli melihat kata mana yang berjalan lebih cepat dibandingkan kata yang lainnya.

Kata yang salah ketik (saltik) dapat dihapus dengan tombol backspace sampai kita bisa mengetik ulang kata tersebut dengan benar.

Tampilannya cukup menarik dengan latar belakang seperti luar angkasa. Semakin banyak kata yang sudah berhasil diketik, level permainan akan meningkat secara otomatis saat permainan berlangsung. Semakin tinggi level, semakin sulit kata-kata yang muncul dan semakin cepat berjalannya.

Hanya saja, variasi permainan terbatas pada kecepatan dan kata-kata yang lebih sulit dengan tampilan yang tidak berubah sehingga pada titik tertentu menjadi mudah lelah.

Zombie Typing Practice

Mengetik 10 Jari

Judul lengkapnya adalah Zombie Typing for Kids. Buat anak-anak katanya, tapi buat saya ini game mengetik yang paling menyenangkan dibandingkan game yang sudah saya sebutkan di atas.

Pada game ini, kita seolah seorang anak kecil yang sedang menembak para zombi yang sedang berjalan ke arah kita. Di bawah kaki zombi ada kata yang harus diketikkan.

Ketika kita mengetik dengan benar kata tersebut, maka zombi akan mati. Ada 6 zombi yang harus diberantas di setiap levelnya. Semakin meningkat level permainan, semakin cepat zombi berjalan.

Entah karena tampilan visualnya berupa zombi, permainan ini lebih menegangkan dibandingkan dengan permainan mengetik lainnya.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Sekarang kamu bisa berlatih mengetik 10 jari dengan salah satu atau keseluruhan dari game online yang disebutkan di atas. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum bermain game.

Spesifikasi Gadget dan Perangkat Teknis Lainnya

Pastikan gadget (laptop misalnya) memiliki spesifikasi sesuai untuk memainkan game online. Saya sempat ada kendala teknis dengan laptop yang tidak sesuai spesifikasinya. Alih-alih refreshing, saya menjadi dongkol karena game menjadi lemot.

Kamu perlu juga cek hal-hal teknis lainnya seperti ketersediaan paket data misalnya. Jangan sampai asiknya main game menjadi nanggung karena paket data internet habis.

Dahulukan Kewajiban

Dahulukan kewajiban, baru kemudian main game agar kamu tetap menjadi pribadi yang bertanggung jawab ya.

Porsi Waktu yang Sesuai

Katakan ‘tidak’ pada kecanduan game! Kecanduan game menunjukkan lemahnya kontrol kamu terhadap diri kamu sendiri.

Alokasikan porsi waktu yang sesuai untuk latihan mengetik yang kamu butuhkan. Jika sudah sampai batas waktunya, maka berhentilah dan kerjakan pekerjaan lainnya yang juga penting. Kayak kata orang-orang, life in balance!

Selalu pelihara keinginan untuk lebih baik lagi dalam diri kita ya, salah satunya meningkatkan kemampuan mengetik 10 jari ini. Semoga setelahnya, kita juga bisa lebih fokus meningkatkan kualitas tulisan kita. Happy typing!

Referensi

hot.liputan6.com dengan judul artikel Cara Mengetik 10 Jari dengan Cepat, Ketahui Tips Melatihnya

kolomsatu.com dengan judul artikel Manfaat Mampu Mengetik dengan 10 Jari

5 komentar

  1. Wah baru tahu ada game begini. Saya udah lama nggak ngetik di laptop ini bisa di coba makasih ya mbak Indah 💓

  2. Jadi inget pas kuliah d poltek dlu..Krn emg ambil spesialis utk kerja d bank gt jdi wajib bgt ikut matkul “Keterampilan Mengetik” selama 1 semester..Dan emg ujiannya main game Mengetik inii dong..hehe..modul pembelajaran pertemuannya jg belajar ngetik beberapa huruf dlu lalu dilanjut per baris sampai akhirnya naik level ke semua jari ikutan ngetik..seruuu siih emaang..😂😂

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *