Hoala dan Koala: Channel Lagu Anak Berbahasa Indonesia

Baru-baru ini saya mengetahui channel Youtube bernama Hoala dan Koala. Bagi saya yang besar pada era 90-an terasa akrab betul dengan lagu anak pada masanya. Saya ingat, ada satu acara televisi yang menayangkan lagu anak-anak yang selalu saya tonton.

Namun, acara televisi hari ini rasanya sudah jarang menampilkan acara khusus lagu anak-anak. Sampai suatu hari saya menemukan channel Youtube Hoala dan Koala.

Penasaran apa itu Hoala dan Koala? Yuk baca sampai selesai tentang Hoala & Koala di bawah ini ya!

Hoala & Koala: Channel Youtube Lagu Anak Berbahasa Indonesia

Jadi, apa sih Hoala & Koala ini? Hoala dan Koala adalah salah satu channel Youtube yang menampilkan beragam lagu anak yang dinyanyikan dengan animasi 3D. Lagu anak-anak ini dinyanyikan oleh Keluarga Awandi yang memiliki seorang anak perempuan bernama Hoala.

Siapa lagi karakter yang ada pada animasi Hoala dan Koala? Ini dia lengkapnya:

Hoala dan Koala
Sumber: www.hoaladankoala.com
  • Hoala: seorang anak perempuan berusia 3 tahun yang memiliki nama lengkap Hoala Awandi. Ia senang bernyanyi dengan suaranya yang merdu.
  • Koala: seorang koala yang menjadi sahabat Hoala saat pandemi.
  • Ayah: Ayah Hoala yang memiliki nama lengkap Amar Awandi ini adalah seorang pengusaha di bidang digital.
  • Ibu: Bernama lengkap Nara Awandi, Ibu adalah seorang Ibu Rumah tangga yang berusaha mendidik Hoala dengan sebaik-baiknya, salah satunya menasihati Hoala dengan lagu.
  • Miss Jeruk: peri baik hati dari negeri di atas awan yang berusaha menuruti keinginan Hoala. Salah satunya, menjadikan Koala sebagai sahabat Hoala di kala pandemi.
  • Rubin: seekor rubah pemalu yang seringnya tidak bisa menatap mata lawan bicara saat berbicara.
  • Lincul: seekor ular periang yang dibesarkan oleh keluarga kelinci.
  • Burhan: seekor burung hantu yang sangat menyukai sulap.
  • Bu Aya: seekor buaya betina yang berprofesi sebagai guru TK di kelas Hoala.
  • Serigili: serigala dengan perawakan menyeramkan namun baik hatinya.
  • Om Pong: Harimau dengan gigi tanpa taring yang membuatnya menjadi pemalu.
  • Om Bre: singa supel yang sangat menyukai K-Pop.

Di tengah gempuran channel Youtube yang berisi lagu anak-anak berbahasa inggris, Hoala Koala tampil membawakan lagu anak-anak berbahasa Indonesia dengan tampilan animasi yang cukup menarik. Hoala Koala hadir untuk tetap melestarikan bahasa Indonesia di tengah maraknya penggunaan bahasa asing.

Lagu Berbahasa Indonesia

Saya pribadi sangat mementingkan diperkenalkannya Bahasa Indonesia kepada anak sedini mungkin. Selain dengan sering-sering ngobrol dengan anak, bahasa Indonesia sebagai bahasa Ibu saya kenalkan kepada anak lewat lagu.

Dengan menyanyikan lagu anak-anak berbahasa Indonesia, setidaknya ada 4 manfaat yang bisa saya dapatkan:

  1. Memperat bonding Ibu dan anak.
  2. Memperkenalkan bahasa Indonesia kepada anak.
  3. Menjadi media belajar anak.
  4. Menjadi media penyampaian pesan-pesan moral kepada anak.

Lagu Anak Minta Ayah Hoala Koala

Pada channel Hoala dan Koala terdapat berbagai macam lagu anak dengan genre bervariasi. Saya menemukan beberapa lagu anak yang sudah saya kenal sejak kecil, salah satunya lagu Burung Kakatua.

Menariknya, lagu Burung Kakatua terdengar fresh karena disajikan dengan aransemen orkestra.

Tidak hanya menampilkan lagu anak-anak yang timeless, Hoala Koala juga menampilkan lagu anak-anak terbaru yang sarat pesan moral, salah satu lagunya berjudul Minta Ayah.

Lagu ini menceritakan tentang Hoala dan Koala yang berusaha membujuk Ayah untuk menonton televisi dan bermain handphone saat Ibu tidak ada di rumah. Bagusnya, keputusan Ayah sejalan dengan pesan Ibu kepada Hoala dan Koala: tidak boleh menonton televisi dan bermain handphone selagi Ibu pergi.

Buat para orang tua, kondisi seperti ini terasa tidak asing, bukan? Saat tidak diperbolehkan oleh Ibu, anak kadang mencari jalan lain: meminta izin pada Ayah. Saat Ayah dan Ibu tidak sejalan, maka terbukalah ruang bagi anak untuk tidak menurut pada salah satu orang tua.

Hoala dan Koala dapat menjadi alternatif tontonan bagi anak dengan pendampingan orang tua agar pesan moral yang terkandung di dalamnya lebih efektif diterima oleh anak. Selamat menonton ya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *