Jangan Lupa Bawa Barang Wajib Ini Saat Bepergian

Apakah kamu orang yang mempersiapkan segala sesuatu saat akan bepergian? Pasti kamu punya barang wajib yang mesti dibawa di tas kan? Saya juga punya beberapa barang yang perlu terus dibawa-bawa jika bepergian yang akan saya share di sini. Kalau kamu berencana berlibur (5 tempat liburan favoritku bisa dibaca di sini ya) atau pergi ke suatu tempat, kamu bisa pakai refernsi barang wajib di bawah ini loh.

Jika kamu orang yang lebih selow, tidak ada salahnya cek barang wajib di bawah ini. Mungkin bisa jadi referensi kamu untuk juga membawa barang-barang ini saat kamu bepergian.

Ponsel

Sumber gambar: Canva

Duile ponsel bahasanya! Ini kayaknya harga mati, ga bisa ditawar: ponsel kudu dibawa ke mana-mana! Untuk keperluan jiwa raga, ada di ponsel semua. Ga perlu banyak cing-cong nulis panjang-panjang tentang kenapa ponsel jadi barang wajib saat berpegian. Dah pada paham dah ya.

Dompet Kartu

Mungkin kamu ada yang seperti saya, menaruh semua kartu penting pada satu dompet khusus. Kalaupun lupa bawa dompet yang berisi duit, dompet kartu bisa jadi penyelamat jika memerlukan cash.

Tapi, jaman sekarang kita bisa loh melakukan penarikan tunai di mesin ATM tanpa kartu. Beberapa bank bank sudah menerapkan sistem cardless ini dan sangat membantu, terutama untuk meminimalisir risiko phising. Salah satu bank yang mempunyai fitur cardless adalah CIMB Niaga.

Walaupun demikian, dompet kartu tetap wajib dibawa karena di dalamnya tidak hanya terdapat kartu debit, tetapi juga kartu-kartu penting lainnya, KTP misalnya.

Botol Minum

Sumber gambar: Canva

Saya kira membawa botol minum atau tumbler ke mana-mana perlu menjadi gaya hidup. Selain membiasakan hidup sehat (jika botol minum berisi air putih), membawa botol minum turut membantu mengurangi sampah kemasan minuman. Dan, yang paling penting: hemat.

Sapu Tangan

Apa fungsi sapu tangan sehingga menjadi barang wajib saat bepergian? Sapu tangan berfungsi sebagai pengganti tisu sekali pakai. Di tengah kondisi pandemi seperti ini, jika kita mengunjungi suatu tempat biasanya tersedia dispenser pencuci tangan. Nah, ini salah satu fungsi sapu tangan: mengelap tangan yang bahas sehabis cuci tangan.

Kalau kamu bepergian bersama anak-anak, sapu tangan menjadi lebih bermanfaat untuk mengelap mulut yang kotor, membersihkan baju yang kena tumpahan makanan, macam-macam deh fungsinya.

Goody Bag

Apa sih istilahnya untuk tas belanja multifungsi? Yang ada di kepala saya goody bag ini, semoga sesuai ya.

Ini bukan goody bag berbahan kertas ya, tetapi berbahan canvas atau sejenisnya, yang bisa dicuci ketika kotor dan dilipat (jika tidak dipakai) untuk menghemat tempat.

Goody bag ini berfungsi sebagai pengganti kantong belanja berbahan plastik demi kehidupan yang minim sampah. Di Bekasi, pemerintah daerah menetapkan kebijakan bahwa toko tidak lagi menyediakan kantong plastik sehingga pembeli diharapkan membawa sendiri kantong belanjaannya.

Charger

Idealnya, sebelum bepergian sebaiknya mengisi penuh baterai ponsel terlebih dahulu. Tapi, segala kemungkinan bisa terjadi dan charger menjadi barang wajib untuk mengantisipasi kondisi yang tidak diperkirakan tersebut.

Masker Cadangan

Selama masih dalam kondisi pandemi, saya kira masker cadangan masih menjadi barang wajib untuk selalu dibawa saat bepergian ke luar rumah. Jangan lupa sediakan tempat khusus untuk masker cadangan agar tetap terjaga kebersihannya.

Hand Sanitizer

Menurut para ahli di bidang kesehatan, mencuci tangan lebih baik dilakukan dan lebih efektif membunuh virus covid-19 dibandingkan dengan menggunakan hand sanitizer pada tangan. Akan teapi, tidak semua tempat yang kita kunjungi mempunyai dispenser pencuci tangan.

Maka, hand sanitizer bisa menjadi solusi untuk menjaga tangan selalu bersih.

Buat saya, barang-barang di atas menjadi barang wajib yang sebisa mungkin selalu sedia di dalam tas. Kalau kamu punya barang wajib apa saat bepergian? Komen yuk!

2 comments

  1. Iya mbk penting banget barang2 tsb. Sapu tangan itu membantu sekali. Meski tisu mudah ditemukan saat berpergian tapi membuangnya juga ngga bisa sembarangan. Nah pake sapu tangan solusi terbaik sih

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *