Rekomendasi Buku dari Beragam Genre

Beberapa orang mempunyai kebiasaan baru sejak pandemi. Ada yang mulai bertanam tanaman hias, memelihara ikan cupang, atau juga membaca buku. Dengan begitu banyaknya buku yang tersedia, kadang saya bingung buku mana yang sebaiknya dibaca terlebih dahulu. Seringnya, saya mencari referensi dari review atau rekomendasi buku yang ada di blog atau podcast. Saya sendiri mempunyai beberapa buku rekomendasi dari beragam genre yang bisa kamu pertimbangkan untuk dibaca.

Berhubung saya baru mulai lagi kebiasaan membaca di tahun 2021 ini, beberapa buku rekomendasi buku di bawah mungkin agak lampau tapi tetap worth to read. Yuk dicek dulu 5 rekomendasi buku untuk kamu!

Segenggam Iman Anak Kita

Buku karya Mohammad Fauzil Adhim ini membahas pentingnya iman dalam pengasuhan anak. Anak-anak kita kelak akan menjalani hidupnya sendiri. Kita tidak bisa selalu mengawasi, mengontrol, dan memastikan masa depan mereka akan baik-baik saja. Iman adalah sebaik-baik bekal bagi masa depan mereka. Maka, bagaimana cara menanamkan iman dalam jiwa anak-anak kita?

Buku ini adalah salah satu buku parenting islami terbaik yang pernah saya baca! Isinya padat, fokus, dan powerful. Saya merasa setiap kalimatnya penuh energi dan dorongan. Pandangan penulis pun terlihat kuat berasal dari pemahaman yang baik akan Alquran.

Dari sisi penulisan, mata saya dimanjakan dengan saltik yang minim, jika tidak bisa dikatakan tidak ada sama sekali saltik.

Membaca buku ini penuh pengalaman yang campur aduk. Ada rasa menyesal, terhibur, bersemangat, dan optimis menghadapi masa depan. Sungguh pengalaman membaca yang kaya. Sayang sekali saya belum menuliskan review lengkapnya di blog ini. Semoga di lain waktu, Segenggam Iman Anak Kita mempunyai tulisan reviewnya sendiri di blog ini.

Keajaiban Toko Kelontong Namiya

Buku ini merupakan novel terjemahan yang diterbitkan oleh GPU dari sebuah novel Jepang dengan penulis Keigo Higashino. Keajaiban Toko Kelontong Namiya menceritakan tentang kondisi ajaib sebuah toko kelontong yang dulunya kerap dikunjungi oleh orang-orang yang meminta solusi atas masalah mereka.

Toko tersebut sudah lama tidak ditinggali oleh pemiliknya. Tapi ada suatu keanehan terjadi di dalam toko tersebut pada suatu malam. Para pencuri yang tidak sengaja bersembunyi di sana mengalami keanehan tersebut. Apa keanehan yang dimaksud? Kamu bisa baca review lengkapnya di sini ya.

Buku ini juga salah satu favorit saya. Setelah membaca buku ini, saya jadi tertarik membaca novel-novel karya penulis Jepang lainnya. Ide-ide segar mereka selalu berhasil membuat saya kagum sekaligus terhibur.

Cari Aku di Canti

Kali ini adalah sebuah buku kumpulan cerpen karya Wa Ode Wulan Ratna. Sebenarnya, saya lebih suka membaca kumpulan ceepen dibandingkan novel. Cari Aku di Canti adalah salah satu buku yang membuat saya suka membaca cerpen sampai dengan saat ini.

Buku ini menampilkan beberapa cerita yang kental dengan wanita dan budaya lokal sekitar. Sebagian besar tema yang diangkat adalah tentang kisah asmara.

Kesan yang timbul setelah membaca buku ini adalah: cantik dan manis! Buku ini perpaduan antara diksi yang cantik dan penggambaran yang manis. Saya sampai terbawa suasana cerita di buku hingga berhari-hari lamanya.

Saya baca buku ini sudah lama betul dan buku ini sempat menghilang lalu ditemukan dengan sampul yang menggelombang. Alamak!

Kumpulan Cerpen Terbaik Kompas

Koran Kompas membukukan cerpen-cerpen terbaiknya dalam rentang satu tahun. Kompas adalah salah satu media masa bergengsi yang cerpen-cerpennya diakui khalayak umum memiliki kualitas bagus.

Saya agak kesulitan memilih buku kumpulan cerpen tahun ke berapa yang saya nilai paling bagus karena kesemuanya bagus.

Membaca buku ini adalah salah satu cara me-refresh pikiran. Kumpulan cerpen yang kaya cerita, sudut pandang, pesan, dan gaya bahasa. Selalu menyegarkan membaca cerpen-cerpen Kompas dan tidak jarang saya mendapat perspektif baru.

Kambing Putih bukan Kambing Hitam

Buku ini adalah buku non fiksi karya Muhaimin Iqbal yang membahas tentang ekonomi syariah. Tulisan yang ada di buku ini adalah kumpulan tulisan yang dipublikasikan pada web geraidinar yang dikelola oleh Pak Muhaimin Iqbal.

Tulisan beliau segar dan didukung dengan pemahaman yang mendalam tentang ilmu syariah. Latar belakang beliau sebagai salah satu direksi lembaga keuangan turut memperkaya isi dari buku ini. Beberapa analisa yang tajam disampaikan dengan cara yang santai sehingga tidak terkesan menggurui.

Membaca buku-buku beliau serasa menyelami kedalaman ilmu beliau. Saya kira saya sudah berada pada dasarnya, tetapi saya masih mengambang di permukaan. Masih banyak yang ingin saya gali dari beliau.

Untuk kamu yang tertarik dengan keilmuan keuangan dan ekonomi syariah, saya rekomendasikan buku ini untuk kamu baca.

Kalau kamu, apa rekomendasi buku pilihanmu? Tuliskan ya di kolom komentar di bawah!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *