10 Peraturan Kelas BRT Network yang Perlu Kamu Tahu

10 Peraturan Kelas BRT Network yang Perlu Kamu Tahu – Awal Desember 2021 ini saya berkesempatan belajar Search Engine Optimization (SEO) di kelas Blogger Ruang Tunggu atau kelas BRT Network. Sejak awal, sata tidak banyak tahu ini kelas bentukannya kayak apa, bakalan bagaimana, ketentuan kelasnya seperti apa, etc. Yang saya tahu, beberapa senior saya di komunitas blogger merupakan alumni kelas ini dan punya kesan yang baik dengan kelas SEO ini. Memberanikan diri, saya gabung di kelas BRT Desember 2021 dan cukup kaget di awal-awal.

Peraturan Kelas BRT Network

Kadung dimulai dan ga bisa mundur, akhirnya saya jalan terus meski kadang terseok. Alhamdulillah saya masih bisa lanjut terus sampai kelas SEO off page. Namun demikian, saya terpaksa gugur di materi terakhir SEO off page sebelum materi bonus karena kurang 1 poin untuk bisa lanjut.

Berbekal pengalaman tersebut, saya berharap teman-teman yang akan belajar di Kelas SEO BRT Network bisa mendapat gambaran besar peraturan kelas BRT agar tidak tergagap saat belajar. Sebelum belajar tentu akan disampaikan juga aturan-aturan kelas BRT oleh coach. Namun demikian, mengetahui peraturan kelas lebih awal akan membantu kamu menyiapkan hati, pikiran, dan jadwal sehari-hari. Fyi, di setiap evaluasi tugas berlaku sistem gugur. Sampai dengan hari terakhir saya bertahan, total peserta kelas BRT Desember sebanyak 20 orang dari yang sebelumnya di awal kelas ada sekitar 90 orang!

Apakah sama peraturan kelas gratis BRT Network dengan kelas berbayar? Berhubung saya belum pernah mengikuti kelas BRT yang berbayar, saya tidak tahu pasti.

Peraturan yang akan disebutkan sebenarnya tidak semuanya merupakan peraturan, tetapi juga termasuk hal-hal penting yang perlu diperhatikan. Peraturan dan hal-hal penting yang perlu diperhatikan ini saya anggap perlu untuk diketahui sebelumnya guna mengukur diri apakah akan mampu mengerahkan seluruh daya dan upaya untuk terus bertahan di kelas BRT.

Kira-kira ini peraturan dan hal yang harus kamu perhatikan sebelum masuk kelas BRT:

1. Tidak Momfriendly

Peraturan kelas BRT yang paling horor menurut saya. Sebenarnya ini bukan peraturan ya, melainkan penggambaran kondisi. Hal ini sering banget diulang oleh coach dan memang benar adanya. Kenapa bisa tidak momfriendly?

Menurut saya, karena deadline tugas cenderung rapat dan dalam mengerjakan tugas perlu fokus, terlebih jika kamu blogger newbie macem saya yang istilah tentang blog aja masih nyari di google. Wkwkwkwk.

Lalu, bagaimana jika kamu seorang Ibu dan tetap ingin belajar SEO di kelas BRT? Sudah gugurkah harapan tersebut? Jangan khawatir, kamu tetap bisa kok ikutan kelas ini.

Saya mempunyai 2 anak laki-laki yang keduanya balita dan belum mandiri. Pekerjaan rumah seluruhnya saya yang mengerjakan, tidak menggunakan jasa bantuan sama sekali. Masak, nyuci, nyetrika, beberes rumah, dan mengasuh anak semuanya saya kerjakan sendiri. Dan saya masih bisa survive sampai sejauh itu.

Saya tidak sendiri, teman-teman sekelas saya di kelas BRT juga banyak ibu-ibu dengan kondisi anak-anak yang beraneka ragam dan mereka tetap bisa melangkah terus, bahkan lebih jauh dari saya. Kuncinya ada pada doa, manajemen waktu, dan dukungan keluarga.

Kenali jadwal kamu, minta dukungan keluarga, delegasikan pekerjaan jika perlu, dan korbankan kesenangan kamu sesaat untuk fokus belajar. Tidak apa libur dulu nonton drama korea selama sebulan, demi belajar SEO.

Manajemen Waktu di Peraturan Kelas BRT

2. Harus Aktif Belajar

Bagaimana yang dimaksud aktif belajar? Rajin googling jika ada istilah atau permasalahan yang tidak dimengerti. Masih tidak paham? Tanya di grup kepada coach atau teman-teman sekelas.

Jika kamu tipe manjat chat grup seperti saya, tahan dulu sebelum bertanya. Scroll chat di grup untuk mencari tahu apakah pertanyaan kamu sudah pernah ditanyakan oleh teman yang lain. Bagaimana kalau tidak sabar membaca chat yang ratusan atau hampir seribu itu? Gunakan fitur search, ketik kata kunci atas pertanyaan kamu.

Misalnya, kamu tidak paham bagaimana cara install Meta SEO Inspector, maka cari di halaman chat grup dengan mengetikkan: Meta SEO Inspector atau MSI atau kemungkinan kata lain yang teman-teman kamu gunakan untuk menyebut Meta SEO Inspector.

Jika masih belum ada jawaban atas pertanyaan kamu, maka silakan bertanya.

3. Ikuti Ketentuan Tugas

Ini penting, perhatikan betul ketentuan atas tugas yang diberikan. Pada suatu waktu, kami ditugaskan menulis artikel dengan parameter SEO on page. Di salah satu poin tugas tersebut, kami diminta untuk memberikan backlink kepada blog teman sekelas kami.

Tiba saat pengecekkan tugas, ada teman yang memberikan backlink tapi tidak do follow dan ini menjadi catatan coach. Seingat saya, teman tersebut langsung dieliminasi pada saat itu juga.

4. Pastikan Semua Tugas Tuntas Dikerjakan

Tugas yang saya nilai agak susah adalah saat harus membuat blog kita SEO friendly. Pada prosesnya, kami cukup jungkir balik ngutak-ngatik heading yang tidak berurutan, open graph image yang tidak muncul di tampilan Meta SEO Inspector, meta description blog yang hilang, dan lain sebagainya. Sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan, beberapa teman tidak tuntas menyelesaikan permasalahan tersebut dan tereliminasi.

Jika sudah tuntas dikerjakan, pastikan lagi dengan double check atau triple check. Karena bisa jadi ada detail yang terlewat atau ada perubahan yang dilakukan secara tidak sengaja. Kamu perlu tahu, para coach BRT entah kenapa detail sekali dalam memeriksa tugas para peserta.

5. Disiplin Jadwal

Memang ini mestinya menjadi filosofi hidup, mengalir dalam darah. Pentingnya disiplin jadwal saya rasakan betul saat memasuki materi SEO off page yang mana deadline yang diberikan 1 hari atau 24 jam. Kray ga tuh?!

Disiplin jadwal dan perhatikan peraturan kelas BRT

Selagi bisa dikerjakan beberapa saat setelah tugas diberikan, langsung kerjakan. Karena, kamu tidak tahu hambatan apa yang menghadang di depan sana. Entah web yang dituju mesti dilakukan deploy dengan coding-coding tertentu, atau web yang dituju berbahasa asing yang bahkan kamu tidak bisa membaca tulisan yang terpampang di sana, atau ternyata ada mertua dan keluarga besar tiba-tiba menginap beberapa hari di rumah sehingga kamu merasa sungkan untuk sekadar membuka laptop.

Disiplin ini juga berlaku saat pertemuan online. Jika dijadwakan pertemuan daring pada jam 19.00 WIB, bersiaplah dari beberapa waktu sebelumnya. Siapkan laptop, periksa jaringan, cek baterai, dsb. Karena ketika pertemuan daring dimulai (biasanya menggunakan google meet), tidak sampai beberapa menit kemudian link kemungkinan di-revoke dan kamu akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan materi yang disampaikan pada pertemuan daring tersebut. Lalu, bagaimana kamu akan mengerjakan tugas berikutnya jika materi tidak didapat?

Perlu ditanamkan bagi kamu yang ingin mengikuti kelas BRT Network: disiplin jadwal. The earlier, the better.

6. Teliti Membaca Materi dan Mengerjakan Tugas

Ini terjadi pada saya. Sebelum diberikan tugas membuat artikel sesuai SEO on page, kami diberikan materi oleh coach Punto. Ada 18 indikator SEO on page ala Mas Punto.

Tugas sudah dibuat dan tiba lah saat pengecekkan tugas. Ada tugas seorang teman yang disorot karena spamming keyword pada alt image. Saya langsung terpekik dalam hati: ih gue juga begitu!

Yang tadinya mau beberes rumah, buru-buru taruh sapu dan langsung buka laptop. Setelah artikel tugas terbuka, gercep edit alt image masing-masing gambar dan update blog post! Fiuh.

Hal seperti itu terjadi karena saya membaca materi dengan terburu-buru dan tidak fokus saat mengerjakan tugas. Saya ingat mas Punto meminta untuk mengisi alt image dengan keyword yang sudah ditambahkan kata-kata lainnya. Tapi saat mengerjakan tugas entah kenapa menjadi lupa.

7. Sigap Memperbaiki Kesalahan

Saat evaluasi tugas blog plan, saya pernah secara langsung di-mention oleh Coach Monica terkait tampilan internal link yang dinilai tidak SEO friendly. Anchor text yang berisi internal link pada tulisan saya tampak bergaris bawah (underlined) namun warna font tetap hitam seperti font lainnya yang tidak mengandung link. Menurut mba Monica, bot mesin pencari akan dibingungkan dengan warna anchor text yang tidak mencolok.

Setelah di-mention dan selagi coach memeriksa tugas teman-teman yang lain, saya mencari tahu bagaimana cara mengubah warna anchor text tersebut. Apakah warnanya diubah manual satu per satu? Saya kira ada cara lain yang tidak merepotkan semacam itu.

Akhirnya dengan bantuan seorang teman saya mengetahui cara mengubah tampilan anchor text secara otomatis. Saat coach selesai memeriksa, tampilan anchor text pada blog saya sudah sesuai dengan yang diharapkan: SEO Friendly.

Sigap Memperbaiki Kesalahan di Peraturan Kelas BRT

8. No Japri Coach

Ini penting dan sangat fatal jika dilanggar. Pernah suatu kali seorang teman ada yang japri coach di saat perjalanan sudah mulai jauh. Mungkin ia terlupa karena panik. Teman tersebut serta merta dieliminasi saat itu juga.

Saya menangkap maksud yang sangat baik dari peraturan ini: agar teman-teman sekelas mendapatkan kesempatan yang sama dan setara dalam belajar. Penyelesaian masalah pada satu orang bisa jadi menjadi penyelesaian masalah banyak orang lainnya. Alangkah lebih efisien jika setiap permasalahan dibicarakan dan dituntaskan di grup.

9. No Nebengin Blog Lain

Kamu punya blog lain selain yang akan didaftarkan pada kelas BRT Network? Sebaiknya singkirkan dulu dari pikiranmu jika tidak ingin reflek mengikutsertakan blog tersebut saat mengerjakan tugas SEO off page. It’s a big NO!

Be mindful saat mengerjakan tugas. Hanya optimasi blog yang kamu daftarkan dan artikel yang diminta pada ketentuan tugas. Hal ini tidak hanya sekadar peraturan kelas BRT, tetapi juga sebentuk adab.

10. No Gonta-ganti Link Tugas Setelah Deadline

Peraturan kelas BRT ini juga salah satu yang lebih cenderung kepada adab dalam belajar. Jika sudah lewat deadline, apakah elok jika masih mengganti link tugas yang disetorkan?

Pernah suatu waktu coach melihat perubahan link bahkan setelah melewati deadline. Hal ini dimungkinkan karena kami mem-paste sendiri link tugas kami di spreadsheet yang bisa diakses oleh seluruh coach dan peserta kelas. Terkadang spreadsheet di-freeze bagi kami pada saat evaluasi, tapi pernah juga tidak di-freeze.

Jika dilanggar, kemungkinan besar peserta akan langsung dieliminasi.

Siapkan Diri!

Setelah membaca keseluruhan peraturan kelas BRT di atas, kamu diharapkan lebih bisa menyiapkan diri dengan keadaan. Saya percaya, peraturan-peraturan lainnya yang sudah disebutkan maupun yang belum disebutkan dibuat oleh para coach agar para peserta memiliki mental dan etos kerja seorang blogger profesional. So, alih-alih gentar, siapkan dirimu ya!

Catatan:

Bagi teman-teman alumni kelas gratis BRT Network bulan Desember 2021, sekalian mengenang nih, kira-kira ada peraturan yang belum ditulis belum ya? Boleh dong drop di kolom komen ya.

1 komentar

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.