Tempat Ngabuburit Asik: 6 Tempat Street Food di Bekasi

Tempat Ngabuburit Asik, 6 Street Food di Bekasi

Tempat Ngabuburit Asik: 6 Tempat Street Food di Bekasi – Sewaktu saya kecil, Ramadan adalah waktu yang menggembirakan buat anak kampung macam saya. Setelah sholat subuh, saya biasa jalan pagi bersama teman-teman dan setelahnya kami berkumpul untuk sekadar main bersama.

Anak-anak perempuan biasanya bermain bola bekel atau congklak atau orang-orangan kertas, sedangkan anak laki-laki biasa main kelereng, memanjat pohon, dan permainan lainnya. Menjelang siang biasanya kami pulang ke rumah masing-masing untuk istirahat dan kembali berkumpul bakda ashar untuk ngabuburit.

Tempat Ngabuburit Asik Versi Masa Kecil dan Masa Dewasa

Salah satu tempat ngabuburit asik bagi kami adalah pinggir kali (sekarang sudah menjadi jalan raya). Tempat itu layaknya fasilitas sosial tempat kumpul warga. Kegiatan ngabuburit kami tidak jauh dari main dan main. Seingat saya, kala saya masih kecil, sekolah diliburkan atau pulang lebih cepat, jadi memori saya tentang Ramadan saat kecil ya banyak main 😀

Namun, semakin dewasa kegiatan mengisi Ramadan tentu banyak perubahan. Waktu terasa terlalu beharga untuk diiisi dengan kegiatan yang tidak menghasilkan pahala. Termasuk kegiatan ngabuburit.

Saya sering menghindari berkumpul di luar rumah atau bepergian ke luar rumah menjelang magrib saat bulan Ramadan. Terbayang kondisi jalanan saat sore Ramadan: penuh sesak. Karenanya, semakin dewasa, kegiatan ngabuburit saya sebatas mempersiapkan diri dan keluarga untuk berbuka puasa di rumah.

Ada satu kondisi yang sesekali kami lakukan: beli jajanan untuk berbuka puasa. Menjamurnya pedagang jajanan saat Ramadan salah satu hal yang saya nikmati, walaupun kadang saya berharap tidak perlu terjebak macet untuk sampai ke sana. Tinggal cling, lalu sampai 😀

Di Bekasi, ada beberapa tempat yang dipadati pedagang jajanan street food, terlebih saat Ramadan. Untuk kamu yang penasaran ingin mencicipi ragam makanan street food, bisa kunjungi tempat-tempat ini.

6 Tempat Street Food di Bekasi

Perumnas 1

Setiap sore di bulan Ramadan, daerah ini selalu ramai dengan pedagang jajanan street food dan pembeli yang ngabuburit mencari makanan berbuka puasa. Lokasi persisnya di pinggir jalan sekitar Menara Perumnas 1. Kamu bisa datang dari arah Grand Mall Bekasi dan akan bertemu pertigaan Menara Perumas 1. Kamu bisa belok kiri atau kanan karena keduanya dipenuhi pedagang street food dengan variasi menu makanan dan minuman. Harganya juga sangat terjangkau.

Galaxy

Lokasinya berada di perumahan Galaxy, Bekasi Selatan. Di sini selalu ramai, bahkan di luar bulan Ramadan. Beraneka jenis makanan dan minuman dari harga yang murah ala street food hingga tempat makan yang nyaman dengan berbagai fasilitas. Karena keberagamannya, harga makanan di sini juga sangat bervariasi. Kamu bisa pilih sesuai keinginan dan kondisi kantong.

Harapan Indah

Mirip dengan perumahan Galaxy, perumahan Harapan Indah di Bekasi Utara juga tersedia berbagai macam tempat makanan dari yang harga murah hingga harga yang berkelas. Dekat sekolah Global Insani Islamic School, pada bulan Ramadan dipenuhi pedagang street food dengan harga yang terjangkau. Kamu bisa mampir ke sini sesekali untuk menikmati penganan dan minuman yang dijajakan.

Marakash

Tidak hanya bulan Ramadan, Marakash selalu dipenuhi berbagai pedagang. Ada pedagang pakaian, mainan, dan juga makanan minuman. Aneka jajanan street food tersedia dengan harga yang bervariasi. Saya belum pernah secara khusus mengunjungi Marakash di bulan Ramadan, padahal lokasinya relatif dekat dari rumah. Pasalnya, kondisi jalanan menuju Marakash pada hari biasa (di luar Ramadan) cukup padat. Tidak terbayang kondisinya saat sore di bulan Ramadan.

Bintara

Sepanjang jalan Bintara, Bekasi Barat, terdapat banyak jajanan street food dengan harga yang variatif. Kamu bisa memilih aneka penganan yang disukai.

Alun-alun Kota Bekasi

Sumber Gambar: instagram.com/bekasi.kita

Setelah dipugar, Alun-alun Kota Bekasi menjadi lebih rapi dan nyaman untuk dikunjungi. Di sini banyak pedagang street food dengan jenis jajanan yang variatif dengan harga terjangkau. Seperti alun-alun di kota lain, pengunjung alun-alun kota bekasi kadang menikmati menyantap jajanan dengan lesehan sambil menikmati suasana. Saya juga belum pernah mengunjungi alun-alun saat bulan Ramadan. Lokasinya yang berdekatan dengan stasiun Bekasi membuat akses menuju ke sana sering dilanda macet.

Ramadan Ajang Kontrol Diri

Euforia Ngabuburit ini hendaknya tetap dalam kontrol diri yang baik. Berbelanja makanan seperlunya. Bepergian ke luar seperlunya. Menghabiskan waktu seperlunya. Bagaimanapun juga, Ramadan adalah bulan dengan ajang kontrol diri dengan berpuasa. Dan, Ramadan hanya sebentar dan sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja tanpa amalan-amalan yang Rosul contohkan. Ditambah lagi kita belum benar-benar lepas dari pandemi. Tetap jaga kesehatan dan terapkan prokes ya!

Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan ya, Bestie!

1 komentar

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.