Kamu Jenuh? Temukan Sumber Inspirasimu di Sini

Jenuh adalah konsekuensi logis atas rutinitas yang kita lakukan sehari-hari. Jika jenuh, kamu bisa berhenti sebentar dari rutinitas harian dan coba melakukan hal berbeda. Saya memiliki beberapa hal yang menjadi sumber inspirasi agar semangat kembali terisi. Mungkin beberapa hal ini bisa kamu adaptasi agar lebih cepat pergi si jenuh dan jiwamu kembali segar bersemangat.

Alquran

Sumber Inspirasi
Sumber gambar: Canva

Sepertiga bagian dari isi Alquran berisi sejarah orang-orang terdahulu, termasuk para Nabi dan Rasul. Membaca kisah mereka membuat hidup saya lebih optimis dengan berbagai rencana masa depan. Tidak hanya masa depan di dunia, tetapi juga masa depan akhirat.

Saya yakin, jika orientasi hidup saya jauh hingga ke akhirat, segala sesuatu terasa mungkin, kendala terasa kecil, dan semua masalah terbuka kemungkinan jalan keluar. Contohnya kehidupan para orang terdahulu yang dikisahkan dalam Alquran.

Ceramah Agama

Ceramah Pak Ustadz selalu berhasil membuat saya bersemangat dengan berbagai rencana di masa depan. Menginspirasi dan mengisi jiwa!

Salah satu ustadz favorit yang menjadi sumber inspirasi saya adalah Ustadz Budi Ashari. Entah kenapa, setiap menyimak ceramah beliau, saya selalu mendapatkan hal baru, meskipun temanya sudah jamak digunakan.

Semakin sering saya mendengarkan ceramah beliau, semakin terlihat kedalaman ilmu dan pemahaman beliau akan islam. Bagaimana beliau menyikapi perbedaan pendapat, perdebatan, pengambilan keputusan atas hal-hal yang sensitif, dan lain sebagainya. Sebagai pribadi, Ustadz Budi sangat menginspirasi saya, pun dengan ceramahnya.

Setelah mendengarkan ceramah, selain jiwa yang merasa terisi, saya merasa terbarukan kembali.

Podcast

Sumber inspirasi
Sumber gambar: Canva

Selain podcast tentang buku, saya juga mendengarkan beberapa podcast yang berisi bincang-bincang dengan orang-orang tertentu. Saya selalu suka menonton atau mendengarkan acara bincang-bincang seperti ini karena ada saja hal menarik yang bisa diambil dari pengalaman hidup seseorang.

Salah satu podcast dengan format bincang-bincang yang menjadi sumber inpirasi bagi saya adalah Makna Talks. Sangat menarik menyimak perjalanan seseorang pada sebuah proses tertentu. Saya melihat betapa setiap orang bisa menginspirasi orang lain dengan cara mereka sendiri.

Buku

Sumber inspirasi
Sumber gambar: Canva

Buku selalu berhasil menginspirasi saya dan mengembalikan saya dari kejenuhan. Buku yang menginspirasi saya dari genre non fiksi biasanya bertema pengembangan diri, biografi, parenting, sejarah, ekonomi, dan keuangan.

Selain non fiksi, buku bergenre fiksi juga mampu memberikan inspirasi dengan caranya sendiri. Sebagai contoh, pada buku kumpulan cerpen karya Ahmad Tohari berjudul Mata yang Enak Dipandang, pandangan saya menjadi lebih luas terhadap kehidupan. Saya belajar untuk tidak mudah berprasangka kepada orang lain.

Dengan membaca novel atau cerpen, saya sering juga terinspirasi tentang cara membuat cerita fiksi. Saya sering terpesona dengan plot twist yang dibuat rapi atau bagaimana sebuah tokoh memiliki karakter yang kuat dan hal-hal lain yang membentuk cerita fiksi begitu menarik.

Media Sosial Influencer

Apa kamu seperti saya juga, mengikuti media sosial influencer dan merasa tertarik dengan kehidupan mereka? Salah satu influencer yang cukup menginspirasi saya adalah Astri Puji Lestari atau yang biasa dipanggil Atiit.

Dia seorang wanita yang mencoba menerapkan pola hidup berkesadaran dan minim sampah. Karena Atiit, saya belajar untuk lebih sadar dalam mengonsumsi sesuatu. Pertanyaan yang saya tanyakan pada diri sendiri seperti: Apakah benar saya perlu benda ini? Berapa banyak sampah yang ditimbukan? Apakah bisa kemasannya bisa digunakan ulang? Dan pertanyaan lainnya.

Saat jenuh melanda, menjelajahi media sosial influencer tertentu cukup membuat segar dan mengisi semangat baru dengan pikiran yang lebih optimis.

Kalau kamu, apa yang sumber inpirasi saat jenuh? Mau dong dituliskan juga di kolom komentar ya. Biar kita bisa saling tukar pikiran. Terima kasih ya sudha membaca tulisan ini hingga usai. Semoga bermanfaat!

3 comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *