SEO Moms Community: Tempat Asik Buat Emak-Emak Belajar SEO

SEO Moms Community

SEO Moms Community: Tempat Asik Buat Emak-Emak Belajar SEO – Awalnya, saya tahu tentang SEO Moms Community (SEOMOC) dari tulisan seorang blogger senior. Setelah membaca tulisan beliau, saat itu saya langsung cari info lebih lanjut bagaimana cara bergabung ke komunitas ini. Ternyata pembukaan komunitas hanya berlangsung pada periode tertentu saja. Saya mesti bersabar menunggu pembukaan. Sembari menunggu, saya ikuti media sosial SEOMOC untuk mendapatkan info terbaru lebih cepat.

Sampai suatu hari, saya membaca pembukaan komunitas SEOMOC dan langsung mendaftar. Haru sekali saat mendapat pengumuman saya diterima bergabung bersama komunitas ini. Maka, izinkan saya berbagi cerita tentang belajar SEO di komunitas SEO Moms Community.

Kenapa Belajar SEO?

Awal saya menulis blog, saya hanya sebatas menulis. Apa yang ada di pikiran, saya tulis. Saya tidak memikirkan siapa yang akan baca tulisan saya. Tidak saya pikirkan, apa ada yang baca tulisan saya nantinya. Macam menulis diary lah ya.

Sampai akhirnya saya mengikuti ruang-ruang belajar tentang pengenalan pentingnya Search Engine Optimization (SEO) bagi seorang blogger. Saya jadi tertarik dan ingin mengetahui lebih jauh tentang SEO ini. Setidaknya ada beberapa alasan kenapa saya ingin belajar tentang SEO:

Tulisan Berada di Halaman Pertama

Pada suatu hari, saya melihat tulisan saya berada di halaman pertama mesin pencari (google) dan rasanya mengharukan. Saya yang receh begini ternyata bisa ya tulisan saya nampang di halaman pertama google.

Setelahnya, saya menjadi terobsesi untuk memunculkan tulisan-tulisan saya di halaman pertama Google.

Meningkatkan Page View Blog

Jika tulisan saya berada di halaman-halaman depan mesin pencari, saya pikir, tulisan tersebut akan lebih mudah dipilih dan dibaca oleh pengguna mesin pencari.

Dengan begitu, page view halaman blog saya bisa meningkat. Ibarat kata jualan di warung, banyaknya pengunjung yang datang ke warung sungguh menggembirakan si empunya warung. Jika pengunjung tidak membeli, akan menjadi suatu evaluasi tersendiri bagi saya sebagai pemilik warung.

Tentang SEO Moms Community

Seo Moms Community

SEO Moms Community didirkan pada tanggal 25 Januari 2020 oleh Bang Q yang mempunyai nama asli M Sahlan. Komunitas ini didedikasikan untuk Ibunda Bang Q yang meninggal 2 bulan sebelum pendirian SEO Moms Community. Sang Bunda telah mengijinkan Bang Q melepas pekerjaannya sebagai kuli bangunan agar Bang Q bisa fokus blogging dan belajar SEO. Perjuangan yang tidak mudah dilalui Bang Q dalam belajar SEO tapi selalu ada Sang Bunda yang mendukung, hingga akhirnya beliau tutup usia.

Belajar Apa di SEOMOC?

On Page SEO

Pada materi on page SEO, kami belajar optimasi SEO dari konten tulisan dari judul hingga deskripsi konten.

Off Page SEO

Pada materi off page SEO, kami belajar tentang mengoptimasi blog dengan membangun tautan-tautan pada situs-situs yang memiliki kualitas SEO yang baik.

Link Wheel SEO

Materi ini masih tentang membangun link sebagai lanjutan dari materi off page SEO. Untuk mengikuti materi lanjutan ini, peserta harus menerima sertifikat kelulusan SEO dasar terlebih dahulu sebagai tanda sudah selesai materi SEO tahap dasar.

Keunggulan SEOMOC

Sampai sejauh ini, saya melihat ada beberapa keunggulan yang dimiliki SEO Moms Community sebagai komunitas belajar SEO.

Belajar SEO dari Pondasi Awal

Sebelum belajar tentang teknis SEO, Bang Q menceritakan terlebih dulu sejarah mesin pencari dan bagaimana logika berpikir dari si mesin pencari ini. Segala sesuatunya nanti akan dikembalikan pada logika si mesin pencari ini. Sehingga, saya lebih mudah memahami alasan di balik teknis-teknis SEO.

Waktu Belajar Fleksibel

Sebagai emak-emak, saya suka sekali dengan waktu belajar yang fleksibel ini. Biasanya, Bang Q akan memberi materi di pagi hari dan grup akan dibiarkan tanpa interaksi hingga sore hari dengan tujuan agar kami yang belum membaca materi masih bisa catch up dengan leluasa tanpa tertumpuk chat tanya-jawab. Baru kemudian, chat dibuka untuk keperluan tanya jawab.

Pengajar Mumpuni

Diawali dari masuk 10 besar pada sebuah kontes SEO, prestasinya di bidang SEO semakin banyak setelahnya. Hingga kini Bang Q bisa berpenghasilan dari SEO.

Tugas Tidak Menyiksa

Di bayangan saya, belajar SEO itu tugasnya bejibun, menyiksa, dan tidak menyenangkan. Tapi di sini asik banget. Tugasnya santai dan deadline-nya terasa longgar. Saya lebih bisa menyesuaikan jadwal menulis dan mengurus rumah dengan lebih baik.

Kesan Belajar di SEOMOC

Sampai dengan saat ini, waktu belajar belum berakhir dan kabarnya akan ada semacam eliminasi untuk bisa lanjut ke tahap belajar berikutnya. Namun demikian, saya merasa ada feel yang menyenangkan belajar SEO di sini. Santai dan tidak horor seperti dugaan saya sebelumnya.

Bang Q selaku pemateri juga memahami betul kondisi peserta yang sebagian besar emak-emak yang waktu lowongnya beda-beda. Sering Bang Q mengeluarkan kalimat seperti: “dibuat santai ya Moms

Saya dan teman-teman masih dalam tahap menunggu apakah kami akan lanjut ke materi Link Wheel SEO sebagai materi lanjutan dari SEO dasar yang sudah kami terima. Mohon doanya semoga kami semua bisa lanjut belajar ke tahap selanjutnya. Terima kasih!

2 komentar

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *